Pelapor dan Saksi Peretasan Tempo.co Diperiksa

    Siti Yona Hukmana - 08 September 2020 01:49 WIB
    Pelapor dan Saksi Peretasan Tempo.co Diperiksa
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Polisi terus menyelidiki kasus peretasan terhadap media daring Tempo.co dan Tirto.id. Penyelidikan dalam tahap pemeriksaan pelapor dan saksi. 

    "Dari laporan Tempo.co ini kita sudah memeriksa sekitar tiga orang, SY (Pemimpin Redaksi Tempo.co Setri Yasra) pelapornya sendiri, dua saksi inisial WR dan H," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 7 September 2020. 

    Menurut dia, terlapor atau diduga pelaku peretasan masih dalam penyelidikan. Penyidik tengah menganalisis barang bukti yang diserahkan Tempo.co, salah satunya IP location akun yang dipersangkakan.  

    "Nanti kalau sudah lengkap semuanya kita akan minta keterangan saksi ahli, baru kita gelar perkara," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.

    Kondisi sama berlaku pada kasus Tirto.id. Polisi telah memeriksa pelapor, yakni Pemimpin Redaksi (Pemred) Tirto.id Sapto Anggoro (SA) dan dua saksi berinisial HP dan B. 

    "Kita akan memeriksa satu lagi saksi inisialnya adalah NW yang sudah kita undang untuk klarifikasi, mudah-mudahan cepat bisa hadir. Kita lengkapi, baru setelah itu kita akan gelar, ketika memenuhi unsur baru kita naikkan ke tingkat penyidikan," ungkap Yusri. 

    Pemred Tirto.id dan Tempo.co membuat laporan kasus peretasan di Polda Metro Jaya pada Selasa, 25 Agustus 2020.  Laporan Tirto.id terdaftar dengan nomor LP/5037/VIII/YAN.2.5/2020/SKPT PMJ, sedangkan laporan Tempo.co terdaftar dengan nomor LP/5.035/VIII/YAN.2./2020/SKPT PMJ.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id