Pengunggah Lelucon Gus Dur Tak Bisa Dipidana

    Siti Yona Hukmana - 19 Juni 2020 12:37 WIB
    Pengunggah Lelucon Gus Dur Tak Bisa Dipidana
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta : Pengunggah lelucon Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), IA, tak akan dipidana. Guyonan soal tiga polisi jujur tak mengandung unsur pidana.

    "Tidak ada berita acara pemeriksaan (BAP), tidak ada kasus," tegas Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

    Argo menyebut Polda Maluku Utara telah menegur anggota Polres Sula yang memanggil IA. Polda Maluku Utara juga meminta Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polres Sula teliti mengamati informasi yang beredar di masyarakat, terutama di media sosial.

    "Penafsiran anggota reserse ini seolah-olah ada sesuatu antara dia dan institusi kemudian dipanggil dan diklarifikasi," ujar Argo.

    IA, warga Kepulauan Sula, Maluku Utara, dibawa ke Polres Sula untuk dimintai keterangan terkait unggahannya di Facebook Jumat, 12 Juni 2020. Unggahan itu bertuliskan "Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: polisi tidur, patung polisi, dan Jenderal Hoegeng (Gus Dur).

    Pemanggilan IA ramai diperbincangkan di dunia maya. Anak-anak Gus Dur ramai merespons hal ini.

    "Laaah yang dipanggil, kok, yang meng-quote. Panggil yang bikin joke dong, Pak," kata Inayah Wahid di akun Twitternya, Rabu, 17 Juni 2020.

    Selain dia, putri sulung Gus Dur, Alissa Wahid, turut bereaksi. Dia menyinggung Kapolri Tito Karnavian yang pernah mengutip guyonan Gus Dur soal polisi.

    "Pak Polisi, ada teladan nih dari pemimpin Anda semua, mantan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, sekarang Menteri Dalam Negeri. #IndonesiaDaruratHumor," kata Alissa dalam akun Twitternya.

    Selain anak Gus Dur, Istana turut merespons pemanggilan IA. Staf Khusus Presiden Joko Widodo Bidang Hukum, Dini Purwono, menyebut tak ada masalah terkait guyonan itu.

    "Kalau memang betul hanya seperti itu saja, menurut saya pribadi dari sisi hukum seharusnya tidak ada masalah," kata Dini, Kamis, 18 Juni 2020.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id