comscore

Upaya Polri Tangani KKB Lewat Operasi Rasaka Cartenz

Kautsar Widya Prabowo - 18 Januari 2022 18:37 WIB
Upaya Polri Tangani KKB Lewat Operasi Rasaka Cartenz
Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Jayapura: Polri akan mengendepankan tindakan persuasif dan preemitif menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Tindakan itu melalui Operasi Rastara Samara Kasih (Rasaka) Cartenz 2022.

Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto menjelaskan operasi tersebut menjadi upaya pendekatan ke masyarakat melalui lima bidang, yaitu pendidikan, kesejahteraan, kesehatan, spritual, dan budaya. Dari lima pendekatan tersebut akan diimplementasikan ke dalam 10 program kerja.
Dia menjelaskan program pertama dinamakan Kasuari, kepanjangan dari kesejahteraan untuk anak negeri. Seluruh program akan dijalankan dengan menggandeng pihak terkait.

"(Misalnya) masyarakat di Penggunungan Bintang ini sudah biasa berkelinci tapi mereka belum punya bibit kelinci. Dinas pertenakan ada enggak? Ada Pak, ayo kita sama-sama, karena dari dinas-dinas enggak berani ke atas karena risiko keamanan, kita sama-sama yuk, teman yang di sana, Pak di sini dipastikan aman, oke kita bawa ke sana," kata Eko di Gedung Mabes Polda Papua, Selasa, 18 Januari 2022.

Program kedua, Koteka yang berarti komunikasi tokoh elite keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Program ini fokus membangun silaturahmi dengan lintas tokoh.

"Sebenarnya pemaknaan elite ini semua kita itu elite di wilayahnya masing-masing, ada kepala desa, kepala distrik itu orang-orang elite di wilayahnya masing-masing, mereka simpul-simpul yang menjaga keamanan dengan bangun komunikasi," papar dia.

Ketiga, polisi pergi mengajar (Siipar), keempat, peduli keamanan dan ketertiban masyarakat (Peka), kelima, milenial torang maju (Matoa), keenam, pemuda pemudi cendikia (Papeda), ketujuh, kesehatan lambang diri sehat guna (Keladi sagu).

Kemudian, kedelapan, gembala pelita kamtibmas (Gempita), kesembilan, wadah sarana menyampaikan pesan kamtibmas (Pace mace pol), dan kesepuluh, dokumentasi dan peliputan (Dokpul).

Operasi Rasaka Cartenz 2022 akan dijalankan di wilayah zona kuning dan hijau ancaman KKB. Wilayah operasi berada di 23 polres.

Operasi melibatkan 495 personel kepolisian. Eko menyebut operasi akan dimulai 1 Februari-31 Desember 2022.

Baca: Sentuhan Baru Menghadapi KKB Papua
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id