comscore

Ratusan Aparat Dikerahkan Usai Pembakaran di Dogiyai

Kautsar Widya Prabowo - 25 Mei 2022 10:30 WIB
Ratusan Aparat Dikerahkan Usai Pembakaran di Dogiyai
Ilustrasi. (Medcom.id)
Jakarta: Polisi mengerahkan ratusan personel gabungan ke Kabupaten Dogiyai, Papua, untuk memperkuat pengamanan. Hal itu buntut pembakaran 18 rumah warga beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangkan ratusan pasukan itu terdiri dari anggota TNI Yonif RK 753/AVT dan BKO (bawah kendali operasi) Polda Papua. Mereka tiba di Nabire kemarin.
"(Sebanyak) 105 Personel Gabungan TNI-Polri yang terdiri dari personel Yonif RK 753/AVT sebanyak 30 orang, personel Brimob Polda Papua sebanyak 32 orang dan personel Polres Nabire sebanyak 43 orang," kata Kamal kepada wartawan, Rabu, 25 Mei 2022.

Kamal menyebut kehadiran aparat keamanan di Kabupaten Dogiyai untuk memberikan kedamaian di tengah masyarakat. Pasalnya ada pihak yang sangat mengharapkan kehadiran kepolisian di tengah kericuhan itu.

Dia menghimbau jajarannya yang bertugas tidak terpancing situasi. Selain itu para aparat diminta tidak tersulut oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu keamanan.

"Sebaliknya kita harus buktikan bahwa kehadiran rekan-rekan semua dapat menjadi berkah bagi masyarakat di Kabupaten Dogiyai," ucap Kamal.

Baca: 2 Prajurit TNI Kena Panah Saat Halau Massa Pembakar Rumah di Dogiyai

Sekitar 100 orang terdiri atas perempuan dan anak-anak mengungsi ke pos TNI-Polri di Kabupaten Dogiyai, Papua, sejak Minggu malam, 22 Mei 2022. Rumah dan kios yang mereka tempati dibakar warga yang belum diketahui pasti asalnya.

"Memang benar Minggu malam hingga Senin dini hari terjadi pembakaran rumah warga di tiga lokasi sehingga mereka mengungsi ke pos TNI-Polri," kata Kapolres Dogiyai Kompol Bambang Suranggono melansir Antara di Jayapura, Papua, Senin, 23 Mei 2022.

Dia menyatakan situasi sempat mencekam karena masyarakat yang hendak melakukan pembakaran berupaya membakar berbagai lokasi yang tidak diamankan. Bahkan ada dugaan kantor Polsek yang menjadi Markas Polres Dogiyai juga menjadi sasaran dan hendak dibakar.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id