Steffy Burase Dikasih Rp 150 Juta untuk Umrah

    Fachri Audhia Hafiez - 19 Maret 2019 04:50 WIB
    Steffy Burase Dikasih Rp 150 Juta untuk Umrah
    Model dan desainer Fenny Steffy Burase menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Orang dekat Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Fenny Steffy Burase menerima Rp150 juta untuk umrah. Uang itu berasal dari orang kepercayaan Irwandi, Teuku Saiful Bahri.

    "Dia (Steffy) mau umrah itu, saya berikan Rp150 juta," kata Teuku Saiful di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

    Teuku Saiful mengaku menerima uang sebanyak tiga kali melalui Teuku Fadhilatul Amri. Total uang yang diterima mencapai Rp1,050 miliar.

    "Semua untuk Aceh Maraton, ada juga untuk kebutuhan pribadi Steffy," ujar Teuku Saiful.

    Pada persidangan Senin, 4 Februari 2019, Steffy diperiksa sebagai saksi untuk Irwandi. Dia mengaku memiliki hubungan dekat dengan Irwandi.

    Kedekatan itu diduga membuat Irwandi menunjuk Steffy Burase sebagai panitia kegiatan Aceh Maraton. Hingga, Steffy dan Irwandi pergi umrah pada Juni 2018. 

    Irwandi sebelumnya didakwa menerima suap Rp1,050 miliar dari Ahmadi. Suap tersebut diberikan melalui stafnya Hendri Yuzal dan Teuku Saiful.

    Uang tersebut diduga diberikan agar Irwandi mengarahkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Aceh memberikan persetujuan terkait usulan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Sebelumnya, Ahmadi mengusulkan kontraktor yang akan mengerjakan kegiatan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah.
     
    Proyek itu akan menggunakan anggaran yang bersumber dari DOKA Tahun 2018. DOKA untuk Kabupaten Bener Meriah sendiri sebesar Rp108,724 miliar.

    Diduga, uang suap yang diberikan Ahmadi juga diberikan Irwandi kepada Steffy untuk membiayai kegiatan Aceh Maraton.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id