Rekan Seprofesi Minta Tora Sudiro Direhabilitasi

    Arga sumantri - 04 Agustus 2017 15:31 WIB
    Rekan Seprofesi Minta Tora Sudiro Direhabilitasi
    Aktor Tora Sudiro ditetapkan menjadi tersangka penyalahgunaan psikotropika. Foto: MI/Arya Manggala.
    medcom.id, Jakarta: Para artis yang tergabung dalam Rumah Aktor Indonesia meminta Tora Sudiro direhabilitasi. Tora dinilai sebagai korban dan butuh penanganan medis, bukan penahanan.

    Aktor Lukman Sardi mengatakan, apa yang dialami Tora adalah musibah. Menurut dia, banyak kasus serupa dan penggunanya direhabilitasi.

    "Mereka saja direhab, masa ini tidak bisa direhab," ungkap Lukman usai menjenguk Tora Sudiro di Markas Polres Jakarta Selatan, Jumat 4 Agustus 2017.

    Lukman belum membeberkan, bagaimana mekanisme para aktor mengajukan rehabilitasi untuk Tora Sudiro. Sementara ini, kata dia, penanganan kasus Tora diserahkan sepenuhnya pada kepolisian.

    Sebelumnya, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung menyatakan, kecil kemungkinan Tora direhabilitasi. Alasannya, Undang-undang Psikotropika Nomor 5 Tahun 1997 hanya mengatur kewajiban rehabilitasi untuk pengguna legal lewat Pasal 37. Bagi penyalahguna atau pengguna tanpa resep medis, tidak berlaku.

    "Kalaupun dari pihak Tora mau mengajukan rehab, harus ada (keterangan resmi) dari pihak medis dokter yang pernah menangani," kata Vivick.

    Tora dan istrinya, Mieke Amalia, ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kamis 3 Agustus 2017. Ia dicokok di rumahnya, Komplek Bali View, Ciputat, Tangerang Selatan, sekitar pukul 10.00 WIB.

    Baca: Parfi Sebut Selebritas yang Terjerat Narkoba adalah Korban

    Saat digeledah, ditemukan 30 butir obat dumolid. Obat keras itu terbungkus dalam tiga strip plastik, yang masing-masing berisi 10 butir. Tora mengaku sudah mengonsumsi obat jenis benzodiazepin itu setahun belakangan. Dua hari lalu, ia menenggak obat itu bersama istrinya.

    Mulai hari ini, aktor yang bermain di film "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" itu menjadi tersangka psikotropika sekaligus ditahan. Sementara itu, istrinya dipulangkan lantaran dinilai hanya sebagai pengguna dan tak memiliki Dumolid.

    Baca: Tora Sudiro Mengonsumsi Dumolid karena Tekanan Pekerjaan

    Pria yang bernama lengkap Taura Danang Sudiro itu dijerat Pasal 62 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Bintang film itu terancam lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id