9 Orang Ditangkap Terkait Kasus Perusakan Rumah Bupati Yahukimo

    Siti Yona Hukmana - 24 Juli 2021 20:12 WIB
    9 Orang Ditangkap Terkait Kasus Perusakan Rumah Bupati Yahukimo
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Sebanyak sembilan orang dibawa ke Polres Yahukimo. Kesembilan orang melalukan perusakan rumah dinas Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, dan pembakaran rumah warga di Kabupaten Yahukimo, Papua.

    "Sebanyak sembilan orang itu saat ini masih dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juli 2021.

     



    Kesembilan orang itu ditangkap pada Jumat, 23 Juli 2021. Kamal tidak membeberkan identitas kesembilan orang itu. Mereka merusak rumah Didimus dan Pendeta Budi Bahabol, serta membakar rumah warga Joni Bahabol.

    "Kami cukup sayangkan atas kejadian tersebut, masyarakat seharusnya tidak melakukan kekerasan. Jika ada permasalahan alangkah baiknya di cross check serta tanyakan kepada pejabat yang berwenang," ujar Kamal.

    Kamal menuturkan peristiwa perusakan dan pembakaran rumah itu terjadi di Distrik Sumo, Kabupaten Yahukimo, sekitar pukul 07.00 WIT pada Jumat, 23 Juli 2021. Insiden itu berawal atas informasi dari Niko Anaboin ada pergantian Kepala Distrik Sumo dari dirinya kepada Deminus Kobak pukul 19.00 WIT pada Kamis, 22 Juli 2021.

    "Namun, hanya melalui nota dinas. Atas kejadian tersebut, masyarakat merasa kecewa," kata Kamal.

    Selanjutnya, sekitar pukul 07.00 WIT, pada Jumat, 23 Juli 2021, masyarakat mencari Joni Bahabol karena curiga dia yang memasukkan Deminus Kobak menjadi Kepala Distrik Sumo. Pada saat pencarian, masyarakat melihat Joni Bahabol berada di rumah Pendeta Budi Bahabol dan langsung melakukan perusakan di rumah tersebut.

    Baca: Osimin Wenda, DPO Polres Puncak Jaya Ditangkap

    Kemudian, kelompok masyarakat ke kediaman Didimus pada pukul 09.10 WIT dan menanyakan terkait Pergantian Kepala Distrik. Namun, kelompok masyarakat melempari kaca rumah kediaman Didimus.

    Kejadian itu dilaporkan ke Polres Yahukimo. Anggota Brimob BKO Polda Papua tiba di kediaman Didimus pada pukul 09.15 WIT.

    "Mengamankan orang-orang yang melakukan keributan atau perusakan di Kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo untuk dimintai keterangan atas kejadian tersebut," ucap Kamal.

    Selain itu, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian, melakukan pendekatan terhadap para tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Yahukimo.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id