Caleg Gerindra Wahyu Dewanto Diperkarakan Rekan Separtai

    Siti Yona Hukmana - 17 Juli 2019 17:31 WIB
    Caleg Gerindra Wahyu Dewanto Diperkarakan Rekan Separtai
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Calon anggota legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra Wahyu Dewanto (WD) dilaporkan ke polisi terkait dugaan tindak pidana politik uang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pelapornya adalah politikus Gerindra Yupen Hadi (YH). 

    "Iya, Wahyu dilaporkan oleh seseorang berkaitan dengan pemilu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. 

    Menurut dia, kasus dugaan tindak pidana politik uang itu terjadi pada Sabtu, 25 Mei 2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) 8 DKI Jakarta. Yupen Hadi lalu melaporkan ke polisi pada Senin, 1 Juli 2019.

    Laporan itu teregistrasi dengan nomor: LP/3945NII/2019/ Ditreskrimum. Wahyu diduga melanggar Pasal 523 ayat 1 juncto Pasal 280 ayat 1 huruf j Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

    Polisi lalu menindaklanjuti laporan tersebut. Dalam proses penyelidikan, penyidik memanggil pelapor dan terlapor. Saat pemanggilan, Wahyu mangkir. Polisi lalu membuat pengumuman pencarian orang atas nama Wahyu. 

    Selebaran pengumuman itu dibuat atas dasar Surat Perintah Penyidikan Nomor: Sp.Sidik/2217/VII/2019/Ditreskrimum tertanggal 2 Juli 2019. Pengumuman ini juga terkait Daftar Pencarian Orang Nomor: DPO/205/VII/2019/ Ditreskrimum tertanggal 12 Juli 2019.

    Baca: Gerindra Bantah Caleg Melarikan Diri

    "Jadi, dalam penyidikan ada batas waktu yang dibutuhkan. Karena tidak hadir sehingga kita melakukan sidang in absentia. Jadi itu ada edaran dari Kejagung (Kejaksaan Agung), makanya kita buat pengumuman di sana ya," tutur Argo, Selasa, 16 Juli 2019.

    Menanggapi itu, Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta Husni Thamrin memastikan Wahyu tidak pernah melarikan diri atas kasus politik uang. Wahyu tak menghadiri panggilan polisi karena ada kegiatan lain. 

    "WD tidak pernah melarikan diri, kebetulan saja pas pemangilan bentrok dengan urusan pekerjaan," pungkas Husni.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id