KPK Jamin Tetap Independen Meski Dewas Dipilih Pansel

    Candra Yuri Nuralam - 27 Januari 2020 23:03 WIB
    KPK Jamin Tetap Independen Meski Dewas Dipilih Pansel
    Ilustrasi. Dok MI
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjamin tetap independen memberantas praktik rasuah. Hal ini merespons keraguan publik terkait nasib KPK di masa depan apabila rekrutmen Dewan Pengawas (Dewas) sudah melalui panitia seleksi (Pansel).

    "Saya pikir sudah jelas ya, kalau soal indepedensi kan jelas," kata Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 27 Januari 2020. 

    Ali menjelaskan undang-undang mewajibkan KPK menjaga independensinya. Ini termaktub dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

    "Terkait aturan Dewas, secara struktural dan tata pengangkatan dan sebagainya kan sudah tertuang seperti itu, ya kita laksanakan seperti itu," ujarnya.

    Ali memahami kekhawatiran sebagian pihak soal independensi KPK terkait penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Anggota Dewan Pengawas KPK. Dalam beleid itu, pemilihan Dewas KPK periode berikutnya akan disaring melalui pansel.

    Ali juga tidak menutup mata adanya anggapan tersebut. Namun, ia memastikan bahwa independensi KPK tetap terjaga.

    "Mengenai indepedensi, kemudian ada beberapa hal dianggap nanti akan lebih melemahkan menurut sebagian orang kan?" ungkapnya.

    Menurut Ali, KPK juga dilibatkan dalam pembahasan beberapa peraturan yang disebut-sebut bakal melemahkan. Dalam pembahasan itu, KPK mengajukan beberapa usulan untuk meminimalisasi risiko terkait independensi KPK.

    "Bagian indepedensi kita diskusikan, kita kaji lebih lanjut aturan-aturan turunannya yang mencerminkan indepedensi KPK masih tetap ada," pungkasnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id