Polisi: Jakarta Episentrum Hoaks Covid-19

    Media Indonesia.com - 24 November 2020 20:12 WIB
    Polisi: Jakarta Episentrum Hoaks Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri tercatat telah mengungkap 104 kasus dugaan penyebaran informasi palsu atau hoaks terkait pandemi virus korona (covid-19) sepanjang 2020. Kasus terbanyak ada di DKI Jakarta yang ditangani Polda Metro Jaya (PMJ). 

    "PMJ sebanyak 14 kasus, Polda Jatim (Jawa Timur) sebanyak 12 kasus, dan Polda Riau sebanyak 9 kasus," papar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 24 November 2020. 

    Awi menjelaskan terdapat beberapa jenis hoaks yang ditangani kepolisian. Yang pertama, hoaks soal korban meninggal akibat covid-19, padahal tidak. 

    Baca: Satgas: Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di Pulau Jawa Menipis

    "Kemudian yang kedua, penyebaran covid-19 tanpa ada info resmi. Ketiga, WNA (warga negara asing) yang ke Indonesia membawa virus," ujar dia. 

    Yang keempat, suntingan foto seolah-olah covid-19. Kemudian yang kelima, penghinaan terhadap pejabat negara. Yang terakhir, penyebaran berita bohong tentang pemerintah. 

    Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri membeberkan telah menindak 104 tersangka per 30 Januari sampai 24 November 2020. Tersangka terdiri dari 66 laki-laki dan 38 perempuan. 

    "Jadi, dari 104 tersebut, 17 orang tersangka dilakukan penahanan dan 87 tidak dilakukan penahahan," ungkap Awi.

    Para pelaku dijerat Pasal 28 dan 45 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Pasal 14 dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

    (Yakub Pryatama Wijayaatmaja)

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id