comscore

Polda Metro: Arteria Dahlan Punya Hak Impunitas

Yakub Pryatama Wijayaatmaja - 08 Februari 2022 21:12 WIB
Polda Metro: Arteria Dahlan Punya Hak Impunitas
Anggota DPR Arteria Dahlan/Istimewa
Jakarta: Polda Metro Jaya menegaskan anggota DPR Arteria Dahlan memiliki hak impunitas dalam menyampaikan pendapat. Sehingga, pernyataan Arteria yang menyoal petinggi Kejaksaan Tinggi Jawa Barat berbahasa Sunda saat rapat tak bisa diusut.

"Soal saudara Arteria Dahlan selaku anggota DPR RI yang bersangkutan punya hak impunitas yang tidak bisa dipidana saat mengutarakan pendapatnya saat rapat resmi berlangsung," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 8 Februari 2022.
Di sisi lain, Zulpan menyebut pelaporan Arteria oleh organisasi Poros Nusantara atas dugaan ujaran kebencian tidak terpenuhi. Hal itu berdasarkan keterangan pendapat ahli dan gelar perkara para penyidik.

Baca: Polda Metro: Arteria Dahlan Tidak Dapat Dipidana

Zulpan mengatakan Arteria tak melanggar Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE. Pelapor tetap dipersilakan memberikan keterangan dan barang bukti tambahan ke Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro.

"Kedatangan pelapor ini untuk memberikan keterangan tambahan yang belum mereka berikan saat mereka membuat laporan ke Polda Jabar. Dalam hal ini PMJ mengakomodasi apa yang mereka inginkan dan sampaikan," kata dia.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Poros Nusantara, Susana Febriati mengaku pihaknya telah membawa sejumlah barang bukti tambahan untuk penyidik.

Hal itu dilakukan ihwal pelaporan atas dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA yang diduga dilakukan Arteria Dahlan. Pihaknya membawa beberapa bukti pemberitaan, dan sejumlah bukti lainnya yang dia dapat dari media.

"Selain bukti-bukti yang ada di kami dapat di media dan ada beberapa bukti-bukti pemberitaan dan alat-alat bukti lainnya," ungkap Susana, Selasa, 8 Februari 2022.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id