Tangkap Eks Bupati Talaud Usai Bebas, KPK Singgung Kelemahan OTT

    Candra Yuri Nuralam - 29 April 2021 19:27 WIB
    Tangkap Eks Bupati Talaud Usai Bebas, KPK Singgung Kelemahan OTT
    Terdakwa Sri Wahyumi Maria Manalip menangis usai membacakan nota pembelaan pribadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menahan mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip usai bebas pada Rabu, 28 April 2021. Lembaga Antikorupsi menyebut penangkapan kedua kali itu karena lemahnya operasi tangkap tangan (OTT).

    "OTT itu kita punya batas waktu hanya 60 hari," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 29 April 2021.






    Menurut dia, harus menyelesaikan penyidikan selama 60 hari sejak penahanan dimulai. Dalam OTT, KPK langsung menahan tersangka korupsi.

    Baca: Eks Bupati Talaud Ngamuk Baru Bebas Ditangkap Lagi

    Rentang waktu itu dinilai terlalu singkat untuk membongkar lebih banyak temuan kasus. Alhasil, KPK baru bisa mendalami kasus dugaan rasuah lain yang dilakukan Sri.

    "Nah akhirnya ditemukan juga, yaitu Rp9,5 miliar rupiah yang disita dari perkara yang kedua," ujar Karyoto.

    Sri ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) cabang Gedung Merah Putih KPK untuk 20 hari pertama atas kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek pekerjaan infrastruktur di Kepulauan Talaud pada 2014-2017. Dia juga menjalani isolasi mandiri sebelum ditahan.

    Sri disangkakan melanggar Pasal 12 B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999.

    Ia sebelumnya terjaring OTT KPK pada 30 April 2019 atas kasus suap revitalisasi Pasar Beo dan Pasar Lirung di Talaud tahun anggaran 2019. Dia dihukum 4,5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Vonisnya dipotong menjadi dua tahun oleh Mahkamah Agung. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id