KPK Berharap Pelaku Penyerangan Novel Segera Diumumkan

    M Sholahadhin Azhar - 05 Desember 2019 05:00 WIB
    KPK Berharap Pelaku Penyerangan Novel Segera Diumumkan
    Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap banyak pada tim bentukan Polri dalan pengusutan penyiraman air keras ke penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, berharap tim tersebut bisa segera mengumumkan siapa pelaku penyiraman.

    "Atau paling tidak perkembangan prosesnya sudah sejauh apa, diberi tahu ke publik," kata Saut kepada Medcom.id, Rabu, 4 Desember 2019.

    Menurut dia, sikap KPK sama seperti sebelumnya. Meminta penuntasan kasus penyiraman air keras segera dilakukan. Sebab Indonesia telah menjamin perlindungan pada penegak hukum, khususnya yang mengusut kasus korupsi.

    Hal ini tertuang dalam Jakarta Principle yang disepakati seluruh lembaga antikorupsi di dunia pada 2012. Saut meminta semua pihak mengingat hal itu.

    "Paling tidak Indonesi harus malu atas Jakarta Principle yang lahir di Jakarta yang antara lain berisi  jaminan Perlindungan pelaksana kerja-kerja pemberantasan korupsi," kata dia.

    Presiden Joko Widodo diminta serius menangani kasus penyiraman air keras pada Novel. Penyidikannya terkesan jalan di tempat meski sudah dua tahun berjalan.

    "Pengabaian terhadap kasus Novel adalah pengabaian terhadap kehadiran negara pada pembelaan orang yang ingin berkontribusi pada negara," kata Ketua DPP Partai Kebangkitan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 4 November 2019.

    Mardani meminta Jokowi tak melihat kasus Novel secara personal. Kasus tersebut harus dipahami sebagai upaya kejahatan luar biasa untuk mengacaukan lembaga Antirasuah.

    "Karena Novel diserang karena sedang melaksanakan tugas negara untuk memberantas korupsi. Dua tahun lebih ini sebetulnya memalukan, dan kami sedih," kata dia.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id