Taufik Kurniawan Dituntut Delapan Tahun Penjara

    Budi Arista Romadhoni - 24 Juni 2019 14:24 WIB
    Taufik Kurniawan Dituntut Delapan Tahun Penjara
    Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan saat menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Senin 24 Juni 2019.
    Semarang: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dituntut hukuman 8 tahun penjara atas kasus dugaan menerima suap penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Purbalingga dan Kebumen, dari perubahan APBN tahun 2016 dan 2017.

    Pembacaan tuntutan dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum dari KPK Joko Hermawan. Selain itu, Taufik juga dituntut denda sebesar Rp200juta subsider penjara enam bulan.

    "Terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata Jaksa dihadapan Hakim Antonius Widijantono di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin 24 Juni 2019. 

    Baca, Taufik Kurniawan: Setoran Bupati Kebumen Kontribusi Kader

    Tuntutan oleh jaksa diberikan kepada Taufik setelah mendengarkan 24 saksi, satu saksi ahli dan 116 alat bukti. Taufik terbukti menerima fee untuk pengurusan DAK dua kabupaten tersebut dengan total fee Rp4,85 miliar. 

    Politikus PAN tersebut menerima gratifikasi dari Bupati Kebumen Yahya Fuad atas pengurusan DAK untuk Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 sebesar Rp3,65 miliar.

    Baca: Taufik Kurniawan Ogah Lepas Jabatan Wakil Ketua DPR

    Sementara dari Bupati Purbalingga Tasdi, Taufik Kurniawan menerima Rp1,2 miliar yang bersumber dari perubahan APBN 2017. 

    "Terdakwa juga diharuskan mengembalikan kerugian negara sebesar Rp4,24 miliar," ucap jaksa.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id