Tangani Kejahatan Transnasional, Anggota Interpol Buat Contact Person

    Meilikhah - 09 November 2016 08:39 WIB
    Tangani Kejahatan Transnasional, Anggota Interpol Buat <i>Contact Person</i>
    Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali/ANT/Nyoman Budhiana
    medcom.id, Nusa Dua: Kerja sama peningkatan kapasitas penanganan kejahatan tak hanya dilakukan dengan koordinasi dalam negeri saja. Dengan negara lain, Indonesia juga terus membangun dan meningkatkan kerja sama bersifat transnational crime.
     
    Menurut Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri, kerja sama tak hanya antarlembaga penegak hukum saja. Namun juga dengan kerja sama antara nggota penegak hukum.
     
    "Ke depan ini akan ditingkatkan kerja sama kita baik secara organisasi police to police maupun secara person to person. Artinya setiap negara akan menyiapkan satu contact person untuk berkomunikasi dengan negara yang lain," kata Johanis, di BNDCC, Bali, Selasa (8/11/2016).
     
    Johanis mengatakan, Indonesia sudah menempatkan atase kepolisian di negara-negara yang diajak bekerja sama. Misalnya, kerja sama dengan Malaysia, Indonesia kemudian punya atase kepolisian di Kuala Lumpur, sementara Malaysia punya liaison officer atase kepolisian di Jakarta. Keduanya menjadi contact person bagi organisasinya masing-masing.
     
    "Bagi yang belum ada, ke depan akan diadakan. Baik itu secara resmi dengan penempatan atase kepolisian maupun penunjukan secara tidak resmi dalam arti kata kita tidak bertugas di negara yang bersangkutan, tapi dari negara masing-masing sudah ada CP-nya," kata Johanid.
     
    Salah satu contoh yang sudah disepakati misalnya dengan Bangladesh. Kata dia, Bangladesh meminta contact person Indonesia supaya jika ada kejahatan transnasional, Bangladesh akan langsung menghubungi. Hal itu memudahkan, sebab untuk mendapatkan informasi kejahatan tak selalu melalui NCB Interpol, melainkan bisa dari contact person dari person to person.

     

     


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id