Polri Belum Siapkan Calon Kabareskrim Pengganti Komjen Listyo

    Siti Yona Hukmana - 22 Januari 2021 15:27 WIB
    Polri Belum Siapkan Calon Kabareskrim Pengganti Komjen Listyo
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Polri belum mempersiapkan calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) pengganti Komjen Listyo Sigit Prabowo. Sosok Kabareskrim akan dipilih oleh dewan kepangkatan dan jabatan tinggi (Wanjakti).

    "Itu (calon kabareskrim) sampai saat ini belum. Yang jelas proses pengangkatan ada namanya dewan kepangkatan dan jabatan tinggi (Wanjakti) itu yang akan memproses itu semua," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.






    Menurut Rusdi, sosok calon Kabareskrim akan dibahas dalam rapat pemilihan yang digelar Wanjakti. Namun, dia belum dapat memastikan waktu rapat pemilihan.

    "Di rapat itu akan mendiskusikan siapa saja personel terbaik Polri yang dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut," kata jenderal bintang satu itu.

    Listyo akan dilantik menjadi Kapolri dalam waktu dekat. Bareskrim akan dipimpin Wakil Kabareskrim Inspektur Jenderal (Irjen) Wahyu Hadiningrat untuk sementara hingga ada sosok pengganti Listyo.

    "Enggak (ada pelaksana tugas), kan ada Wakaba (wakil kepala bareskrim) segala macam bisa. Berjalan lah ini semua. Operasional sehari-hari kan bisa dijalankan oleh wakilnya itu enggak masalah lah," kata Rusdi.

    Baca: DPR Serahkan Hasil Uji Kepatutan dan Kelayakan Listyo ke Istana

    Kekosongan jabatan Kabareskrim dipastikan tidak akan menggangu kinerja Bareskrim. Korps Bhayangkara bekerja dengan sistem bukan orang perorang.

    Kabarekrim Polri Komjen Listyo dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri. Komisi III DPR pun telah menyetujui jenderal bintang tiga itu menjadi Tribrata Satu (TB-1).

    Dia segera dilantik menjadi Kapolri. Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun akhir Januari 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id