comscore

Kapolri Perintahkan Anggotanya Tanggulangi Wabah PMK Hewan Ternak

Siti Yona Hukmana - 12 Mei 2022 19:47 WIB
Kapolri Perintahkan Anggotanya Tanggulangi Wabah PMK Hewan Ternak
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dok. Istimewa
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Telegram Rahasia (STR) terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. Surat itu berisi perintah untuk menanggulangi wabah penyakit menular antarhewan tersebut.

"Bapak Kapolri telah mengeluarkan surat telegram dengan nomor STR/395/Ops/2022, tanggal 11 Mei 2022 tentang arahan dalam rangka darurat penanganan PMK," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Mei 2022.
Surat itu disampaikan kepada seluruh jajaran polda. Isi surat itu, yakni berkoordinasi dengan Dinas Peternakan terkait data penyebaran PMK dan upaya mencegah masuknya hewan ruminansia dari daerah yang dinyatakan wabah PMK.

"Sehingga dapat meminimalisir penyebarannya," ujar Ramadhan.

Kemudian, memberdayakan dan mengoptimalkan peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) bersama penyuluh peternakan. Jajaran Polri perlu mengedukasi masyarakat bahwa PMK tidak menular kepada manusia, namun menular kepada hewan tertentu.

Selanjutnya, mem-back up secara penuh gugus tugas dalam upaya penanggulangan penyebaran PMK, agar tetap terisolasi di daerah yang ditetapkan sebagai wabah. Lalu, mendampingi petugas melaksanakan tindakan pengendalian dan penanggulangan PMK.

Membantu gugus tugas penanganan PMK terhadap seluruh rangkaian kegiatan penanggulangan di kabupaten/kota. Melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan hewan ternak yang akan di potong telah lulus uji klinis oleh dokter hewan yang diberikan kewenangan.

Jajaran polda juga diperintahkan membantu gugus tugas di pos-pos terpadu bersama dinas terkait di pintu tol atau jalur keluar kota. Guna pengawasan terhadap ternak yang akan transit dari daerah lain ke daerah wabah atau dari daerah wabah yang akan dibawa ke luar daerah.

Melakukan penegakan hukum sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku jika terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan pengendalian dan penanggulangan wabah PMK.

Baca: Waspada Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak

Di samping itu, Ramadhan menyebut Polri telah mengirim Tim Satgas Pangan ke dua daerah yang terdapat sebaran wabah PMK, yakni Provinsi Jawa Timur dan Aceh. Polisi mengawasi agar wabah tidak menyebar ke wilayah lain.

Hewan ternak di enam kabupaten dan dua provinsi terjangkit wabah PMK. Provinsi itu ialah Jawa Timur dan Aceh.

"Kementerian Pertanian telah menetapkan dua daerah yang dilanda wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan, dua daerah itu adalah Provinsi Aceh dua kabupaten, dan empat kabupaten di Jawa Timur," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.

Sebanyak dua kabupaten yang dilanda wabah PMK di Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Timur. Sementara itu, empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto.

Data Kementerian Pertanian menyebutkan, jumlah kasus hewan ternak yang terinfeksi PMK di Jawa Timur sebanyak 3.205 ekor dengan kasus kematian mencapai 1,5 persen. Sedangkan, kasus positif PMK di Aceh sebanyak 2.226 ekor dengan kasus kematian satu ekor.

Penyakit mulut dan kuku pada hewan ini menjangkiti hewan ternak dengan kuku terbelah seperti sapi, kambing, domba, dan babi. Penularan penyakit ini terjadi melalui virus yang penyebarannya lewat udara atau airborne maupun kontak langsung.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id