comscore

Toni Tabuni, Terduga Pelaku Penembakan Kabinda Papua Ditembak Mati

Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2022 13:25 WIB
Toni Tabuni, Terduga Pelaku Penembakan Kabinda Papua Ditembak Mati
Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal. Istimewa.
Jakarta: Polisi menembak mati satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), Toni Tabuni, 24, di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Papua pada Selasa, 29 Maret 2022. Toni ditembak saat ditangkap.

"Saat dilakukan penangkapan terhadap tersangka terjadinya perlawanan oleh tersangka Toni Tabuni, sehingga personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas yang mengakibatkan tersangka MD (meninggal dunia)," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Rabu, 30 Maret 2022.
Kamal mengatakan Toni terlibat dalam sembilan aksi kejahatan di Bumi Cenderawasih. Salah satunya, berperan dalam aksi penembakan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha di Distrik Beoga pada 25 April 2021.

"Terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua," ujar Kamal.

Selain itu, kata dia, Toni diduga terlibat dalam aksi penembakan dua petugas Satgas Covid-19 atas nama Alemalik Bagau dan Heniko Somau. Kedua korban meninggal dunia di Intan Jaya pada 22 Mei 2020.

Toni juga melakukan aksi pencurian dan kekerasan di Pospol 99 Ndeotadi. Kala itu, kelompok KKB mengambil tiga senjata api yakni dua pucuk senjata jenis SS1 dan AK47.

"Terlibat dalam aksi penodongan terhadap masyarakat sipil di area tambang rakyat lokasi dulang 45 dan terlibat dalam pembakaran di Bandara Bilorai Intan Jaya, pada 29 Oktober 2021," kata Kabid Humas Polda Papua itu.

Baca: Jenazah Dua Anggota Marinir Korban KKB Diterbangkan ke Kampung Halaman

Kamal menuturkan penangkapan Toni berawal dari hasil pemantauan yang dilakukan tim penyidik di sekitar wilayah Nabire. Namun, saat hendak ditangkap, Toni memberikan perlawanan hingga akhirnya terjadi kontak senjata.

Kamal menyebutkan Toni dibawa ke Rumah Sakit (RS) Nabire untuk dilakukan visum. Sementara itu, polisi menangkap Kais Tabuni, 25, yang diduga berkaitan dengan Toni. Kais Tabuni kini tengah diperiksa intensif penyidik di Polres Nabire.

Dalam penangkapan itu polisi menyita sejumlah barang bukti. Yakni senjata api laras panjang lengkap dengan amunisinya dan beberapa seragam bermotif loreng.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id