comscore

4 Tersangka Investasi Alkes Bodong Segera Disidangkan

Siti Yona Hukmana - 19 Mei 2022 16:33 WIB
4 Tersangka Investasi Alkes Bodong Segera Disidangkan
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Sebanyak empat tersangka penipuan investasi program suntik modal alat kesehatan (alkes) PT Limeme Group Indonesia segera diadili. Mereka dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pekan depan. 

"Berdasarkan surat dari Kejaksaan Agung tanggal 18 Mei 2022 berkas perkara empat tersangka dinyatakan sudah lengkap atau P-21 dan rencananya tahap 2 pengiriman berkas perkara dan tersangka ke jaksa penuntut umum (JPU) akan dilaksanakan pada minggu depan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 19 Mei 2022. 
Keempat tersangka itu ialah Direktur PT Limeme Group Indonesia, Kevin Lim; Komisaris/Finance PT Limeme Group Indonesia, Doni Yus Okky Wiyatama; Karyawan PT. Limeme Group IndonesiaIndonesia, Michael; dan Karyawan PT Limeme Group Indonesia, Vincent. Keempat tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 3 dan/atau Pasal 4 dan/atau Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar," ujar Gatot. 

Sebelum pelimpahan berkas perkara ke Kejagung, penyidik Direktorat Tindak Pindana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri telah memeriksa 28 saksi dan tiga saksi ahli. Saksi ahli itu terdiri atas ahli pidana, digital forensik, dan TPPU. 

Baca: Berantas Uang Palsu, Bareskrim Luncurkan Aplikasi I-Comreds

"Kemudian penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap empat tersangka masing-masing," ucap Gatot. 

Selain berkas perkara dan tersangka, penyidik juga akan menyerahkan barang bukti yang telah disita. Bukti itu berupa bukti transfer m-banking dan rekening koran, percakapan pelapor dan terlapor, chat WhatsApp (WA), akun Instagram dengan nama @limekevinn, empat unit handphone, satu unit tablet, dua unit Ipad, tiga unit motor, emapt unit mobil, dan satu buah pistol. 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id