comscore

Arteria Dahlan Disebut Bisa Punya Pelat 4196-07 Atas Pertimbangan Polri

Siti Yona Hukmana - 21 Januari 2022 23:10 WIB
Arteria Dahlan Disebut Bisa Punya Pelat 4196-07 Atas Pertimbangan Polri
Mobil Arteria Dahlan menggunakan pelat nomor polisi diparkir di Gedung DPR. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebut anggota DPR Arteria Dahlan bisa memiliki pelat dinas Polri. Asalkan, anggota Komisi III itu mengajukan penggunaan pelat tersebut ke Korps Bhayangkara.

"(Bisa saja) atas pertimbangan pejabat Polri, sesuai peraturan kepolisian (Perkap) tersebut," kata Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto saat dikonfirmasi, Jumat, 21 Januari 2022.
Pudji mengirimkan Perkap Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penerbitan STNK dan TNKB Dinas Polri. Perkap diteken Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Desember 2019.

"Untuk pelat dinas polisi yang mengeluarkan Slog Polri," ujar mantan Kakorlantas Polri itu.

Menurut Pudji, pejabat tertentu bisa mengajukan pelat dinas polisi secara resmi kepada Korps Bhayangkara. Pengajuan akan diproses bagian Asisten Kapolri Bidang Logistik (Slog) Polri.

"Untuk pejabat tertentu, prosesnya pengajuan resmi dari instansi (lembaga pemerintah sesuai prosedur serta permohonan resmi oleh pejabat setingkat eselon 1 dan diproses oleh Slog Polri) dengan prosedur melampirkan STNK, BPKB, dan cek fisik ranmor guna pemeriksaan," jelas Pudji.

Ada persyaratan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Dinas (STNK-BD) Polri dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Dinas (TNKBD) Polri. Pengajuan pelat khusus Polri hanya berlaku untuk satu kendaraan bermotor (ranmor).

Sebanyak lima mobil yang terparkir di basement Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, kedapatan menggunakan pelat berlogo Polri dengan nomor 4196-07. Salah satu mobil dipastikan milik anggota DPR Arteria Dahlan.

"Berdasarkan hasil pendataan di bagian Invent Biro Pal Slog Polri untuk nomor polisi 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik Arteria Dahlan/DPR RI," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca: DPR Tak Tahu Asal Pelat Nomor Polisi Arteria

Pantauan Medcom.id, pelat nomor kelima mobil itu berwarna hitam dengan lis kuning. Pada mobil juga terdapat lambang Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Kelima mobil itu berbeda merek. Sebanyak dua mobil merek Mitsubishi Grandis dan Mitsubishi Pajero warna hitam. Kemudian, dua lainnya bermerek Toyota Fortuner berwarna putih dan Toyota Vellfire warna hitam. Sedangkan, satu mobil lainnya bermerek Nissan X-Trail warna putih. Mobil-mobil itu berstiker arteriadahlanlawyers.co.id, kecuali Nissan.

Pelat palsu

Arteria Dahlan mengakui mobil-mobil yang menggunakan pelat nomor 4196-07 berlogo Polri miliknya. Arteria juga mengamini jika pelat nomor itu palsu.

"Bukan pelat asli, itu semua tatakan dasar. Nanti kalau mau saya pakai, bisa saya pakaikan pelat DPR yang RF, kalau mobil jalan kan saya pakai pelat RF," kata Arteria kepada Medcom.id, Rabu, 19 Januari 2022.

Politikus PDI Perjuangan menilai menggunakan pelat polisi tak salah. Dia menyebut hanya menggunakan nomor polisi saat diparkir di DPR.

"Kalau urusan pribadi ya pakai nopol (tanda nomor kendaraan bermotor) asli, yang dinas DPR pakai nomor DPR, sipil pakai RF, kalau yang nopol polisi ada mobilnya juga. Kan enggak ada yang salah. Itu mobil-mobil dari rumah yang diparkir di DPR sementara sampai renovasi selesai," kata dia.  

Arteria belum mau membeberkan alasan menggunakan pelat berlogo Polri. Begitu juga tempat pembuatan pelat palsu tersebut.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id