BSSN Pastikan Data Pasien Covid-19 Tak Bocor

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Juni 2020 14:03 WIB
    BSSN Pastikan Data Pasien Covid-19 Tak Bocor
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memastikan tidak ada kebocoran data pribadi pasien virus korona (covid-19). Hal tersebut menyusul kabar sebanyak 231.636 data pribadi pasien covid-19 dijual ke RapidForums melalui darkweb.

    "Tidak ada akses tidak sah yang berakibat kebocoran data pada sistem elektronik dan aset informasi aktif penanganan pandemi covid-19," ujar juru bicara BSSN Anton Setiawan di Jakarta, Minggu, 21 Januari 2020.

    Anto menegaskan BSSN telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk mendalami informasi tersebut. Pihaknya juga melibatkan semua unsur baik pemerintah pusat hingga pemerintah daerah untuk pengamanan data terkait covid-19.

    (Baca: RUU Perlindungan Data Pribadi dan Keamanan Siber Mesti Beriringan)

    "BSSN telah dan akan terus mengambil langkah-langkah yang terukur guna memastikan keamanan sistem elektronik," tegas dia.

    BSSN mengajak semua unsur selalu menerapkan standar manajemen pengamanan informasi dan membangun budaya keamanan siber dalam pengelolaan sistem elektronik. "Tidak memanfaatkan situasi ini (pandemi covid-19) demi kepentingan pribadi atau kelompok," tutur dia.

    Anton mengingatkan akses tidak sah terhadap suatu sistem elektronik dapat dikenakan sanksi pidana. Pelaku dapat diancam dengan hukuman pidana penjara paling lama tujuh tahun dan/atau denda paling banyak Rp700 juta. Ini sesuai Pasal 46 Ayat 2 Undang-Undang 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id