Ketua MA Baru Diharap Berintegritas

    Theofilus Ifan Sucipto - 07 April 2020 10:11 WIB
    Ketua MA Baru Diharap Berintegritas
    Ketua Terpilih Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Ketua Mahkamah Agung (MA) baru, Muhammad Syarifuddin, diharapkan sosok yang berintegritas dalam melaksanakan tugas. Syarifuddin menggantikan Hatta Ali yang memasuki masa pensiun.

    "Penting bagi Mahkamah Agung agar dapat optimal, profesional, dan berintegritas dalam menjalankan fungsi penegakan hukum yang sejalan dengan UUD 1945," kata Koordinator Bidang Konstitusi dan Ketatanegaraan KoDe Inisiatif, Violla Reininda, di Jakarta, Senin, 6 April 2020.

    Violla meminta Syarifuddin bisa menegakkan keadilan. Caranya, kata dia, dengan menjamin persidangan dilakukan terbuka untuk umum dan disaksikan publik.

    "Transparansi proses persidangan merupakan instrumen fundamental dalam penyelenggaraan kekuasaan kehakiman," ujarnya.

    Menurut Violla, transparansi diatur dalam Pasal 13 ayat 1 Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Pasal itu menyatakan semua sidang pemeriksaan pengadilan adalah terbuka untuk umum.

    Baca: Muhammad Syarifuddin Jadi Ketua MA

    Dia mengatakan pelaksanaan asas penting dalam menjamin independensi, akuntabilitas, dan objektivitas hakim pada proses persidangan. Hal itu juga diyakini bisa menghasilkan putusan yang adil bagi masyarakat.

    MA juga diminta bersinergi dengan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memberi keputusan hukum yang adil. Ini dianggap penting untuk menghindari munculnya dua penafsiran hukum yang berbeda.

    "Setiap putusan yang dihasilkan baik oleh Mahkamah Agung maupun Mahkamah Konstitusi harus mencerminkan roh dan norma yang hidup dalam UUD 1945," kata dia.

    Syarifuddin terpilih sebagai ketua MA periode 2020-2025. Wakil Ketua MA bidang Yudisial itu mendapat 32 suara, sedangkan lawannya Andi Samsan Nganro mendapat 14 suara.

    Berdasarkan Keputusan Ketua MA Nomor 96/KNA/SK/IV/2020 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, pemenang ialah orang dengan suara terbanyak.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id