Ketua KPK Mengaku Tak Punya Waktu Bahas Penaikan Gaji

    Candra Yuri Nuralam - 03 April 2020 12:24 WIB
    Ketua KPK Mengaku Tak Punya Waktu Bahas Penaikan Gaji
    Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah mengusahakan penaikan gaji sampai Rp300 juta. Lembaga Antirasuah, kata dia, tengah sibuk mengawal dana penanganan wabah virus korona (covid-19).

    "Kami pimpinan KPK saat ini fokus dengan penanganan virus korona karena hal ini yang lebih prioritas," kata Firli di Jakarta, Jumat 3 April 2020.

    Firli mengamini usulan penaikan gaji pimpinan pernah muncul. Namun, usulan ini disampaikan saat masa kepemimpinan Ketua KPK Agus Rahardjo. Usulan ini pun tak menjadi prioritas KPK sekarang. 

    "Walau diakui memang ada rancangan peraturan presiden tentang hak keuangan, fasilitas Dewan Pengawas, yang  sampai hari ini belum juga ada pembahasan dengan KPK. Begitu pula dengan rencana peraturan pemerintah tentang gaji pegawai KPK sesuai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 (UU KPK) bahwa pegawai KPK adalah pegawai ASN (aparatur sipil negara), ini tentu dibahas juga," ujar Firli.

    Eks Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri itu mengaku selalu mengingatkan jajarannya fokus memantau penanganan korona. Meski perintah Presiden Joko Widodo menyebut pengawas dana penanganan bukan di KPK, Firli meminta Lembaga Antikorupsi itu harus sigap membantu.

    "Yang penting jangan ada niat untuk korupsi, jangan ada menerima kickback, jangan menerima hadiah atau janji, jangan ada konflik kepentingan, jangan ada suap. Jadi ini yang jadi perhatian pimpinan KPK, bukan penaikan gaji," tegas Firli.

    Ketua KPK Mengaku Tak Punya Waktu Bahas Penaikan Gaji
    Ketua KPK Firli Bahuri. MI/Susanto

    Baca: Pimpinan KPK Didorong Sumbangkan 100% Gaji untuk Pasien Korona

    Dia menekankan menolak usulan penaikan gaji. Dia menilai masalah ini tak urgen.

    "Kalaupun ada usulan tentang hak keuangan pimpinan KPK, kami seluruh pimpinan  meminta dibatalkan dan tidak dibahas," tutur Firli.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id