Mahfud Tegaskan Abu Bakar Ba'asyir Berhak Bebas Murni

    Nur Azizah - 07 Januari 2021 13:04 WIB
    Mahfud Tegaskan Abu Bakar Ba'asyir Berhak Bebas Murni
    Abu Bakar Ba'asyir (duduk). Antara/M Agung Rajasa
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir berhak bebas. Sebab, Ba'asyir telah selesai menjalani hukuman sesuai vonis.

    "Itu hak ABB (Abu Bakar Ba'asyir) secara hukum untuk bebas murni sebab dia telah selesai menjalani hukumannya secara penuh," kata Mahfud kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

    Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyebut pemerintah tidak memberikan perlakuan istimewa pada Ba'asyir. Pemerintah juga tidak membuat persiapan khusus menjelang dan setelah pembebasan Ba'asyir.

    "Sudah ada mekanisme penanganan dan pengawasan," ujar dia.

    Baca: Abu Bakar Ba'asyir Langsung ke Jateng usai Dibebaskan

    Abu Bakar Ba'asyir keluar dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor besok, 8 Januari 2021. Ba'asyir telah menjalani masa tahanan selama 15 tahun.

    "Beliau sudah menjalani pidana dengan baik, dan mengikuti semua ketentuan prosedur SOP pelaksanaan pembinaan keamanan di lapas maksimum security, Gunung Sindur dan sudah melalui proses pidana itu. Hari jumat akan kami bebaskan," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Imam Suyudi, Bogor, Senin, 4 Januari 2021.

    Pembebasan Ba'asyir akan dikawal Densus 88 Antiteror. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak yang bersangkutan.

    "Karena dalam rangka pembebasan narapidana terorisme ini masih dilakukan upaya pengawasan lanjutan oleh pihak terkait untuk keamanan dan ketertiban yang bersangkutan sendiri," ucap Suyudi.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id