RS UMMI dan Mer-C Bakal Diselidiki Soal Rizieq Shihab

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 November 2020 20:58 WIB
    RS UMMI dan Mer-C Bakal Diselidiki Soal Rizieq Shihab
    Menko Polhukam Mahfud MD. Dok. BNPB
    Jakarta: Aparat penegak hukum bakal memanggil pihak Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, Jawa Barat, dan MER-C. Mereka akan dimintai keterangan soal Rizieq Shihab yang keluar dari RS Ummi.

    “Dimintai keterangan mungkin hanya perlu data teknis. Tidak mesti dimintai keterangan lalu dinyatakan bersalah,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dalam konferensi pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Minggu, 29 November 2020.

    Mahfud mengatakan RS Ummi akan ditanya soal jam kedatangan dan kepergian Rizieq. Termasuk, siapa saja yang mengunjungi pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu.

    Sedangkan, MER-C akan ditanya soal kredibilitas pengujian covid-19. Berdasarkan catatan Mahfud, MER-C tidak punya laboratorium dan tidak terdaftar sebagai lembaga yang berwenang melakukan tes covid-19.

    “Tidak harus dianggap melanggar undang-undang tapi dimintai keterangan harus datang dan harus kooperatif,” ujar Mahfud.

    Baca: Penghalang Pelacakan Kontak Erat Bisa Dijerat Pidana

    Satgas Covid-19 Kota Bogor melaporkan RS Ummi ke polisi. Laporan tersebut bernomor LP/650/XI/2020/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA tertanggal 28 November 2020 atas terlapor Direktur RS Ummi, Andi Tatat.
     
    Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago mengatakan RS Ummi diduga telah melakukan upaya menghalangi Satgas Covid-19. Sebab, swab tes terhadap pasien merupakan tugas dan kewajiban satgas.

    Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengaku kecewa dengan adanya tes usap covid-19 yang dilakukan Rizieq Shihab. Menurut Bima pentolan Front Pembela Islam (FPI) tersebut melakukan tes tanpa sepengetahuan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.
     
    "Setelah ibadah salat Jumat, Rizieq Shihab melakukan tes usap tanpa memberi kabar ke pihak rumah sakit, dinkes, dan satgas covid-19 Kota Bogor. Harusnya tes tersebut disaksikan oleh Dinkes dan petugas satgas covid-19 Kota Bogor dan disepakati hasilnya dikirimkan ke mana," kata Bima di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 27 November 2020.

    Bima menjelaskan pihaknya mendapat informasi Rizieq Shihab melakukan tes usap dari pihak Mer-C dan hasilnya dikirimkan ke Mer-C di Jakarta. Pihaknya juga belum mendapatkan kepastian siapa yang menyelenggarakan tes usap terhadap Rizieq Shihab tersebut.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id