comscore

Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Ditangkap di Lampung

Siti Yona Hukmana - 08 Juni 2022 06:44 WIB
Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Ditangkap di Lampung
Ilustrasi penangkapan. (Medcom.id)
Jakarta: Pelarian warga negara Jepang, Mitsuhiro Taniguchi (MT), 47, erakhir. Buronan kasus penipuan dana subsidi covid-19 di Jepang itu ditangkap di Lampung. 

"MT diamankan saat berada di Kalirejo, Lampung Tengah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu, 8 Juni 2022. 
Dedi mengatakan penangkapan dilakukan pihak imigrasi Bandar Lampung bersama Polsek Kalirejo, Polres Lampung Tengah. Mitsuhiro diringkus pukul 22.30 WIB pada Selasa, 7 Juni 2022. 

Menurut Dedi, sebelum ditangkap Polri selalu berkoordinasi dengan pihak Imigrasi. Mitsuhiro ditangkap pihak Imigrasi setelah Jepang mencabut paspornya. 

"Subjek MT selanjutnya diserahkan ke Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk di tindak lanjut sesuai dengan Undang-Undang (UU) Keimigrasian," ungkap jenderal bintang dua itu. 

Polri dan Imigrasi membantu pencarian Mitsuhiro setelah mendapat informasi buronan itu berada di Tanah Air. Meski belum menerima lengkap identitas buronan, Polri tetap membantu pihak Jepang. 

Baca: Polri Terus Kejar Aset Tersangka Binomo

Polisi Jepang menangkap tiga tersangka kasus penipuan dana subsidi covid-19 untuk usaha kecil yang mengalami keterpurukan pada 30 Mei 2022 di Jepang. Ketiga orang tersebut ialah istri dan dua putra Mitsuhiro, yakni Rie Taniguchi, 45; Daiki, 22; dan putra keduanya berusia 21 tahun. Ketiganya mengajukan penerimaan manfaat palsu sejak Juni-Agustus 2020. 

Berdasarkan informasi dari media Asahi, polisi Jepang juga melakukan pencarian terhadap satu anggota keluarga yang lain karena diyakini telah melarikan diri ke luar negeri. Ketiga tersangka itu diduga mendapat perintah dari Mitsuhiro untuk mengajukan pengembalian pajak palsu atas nama orang yang telah terdaftar di kantor pajak.

Kemudian, mereka menjalani prosedur guna mendapatkan subsidi tersebut. Total ada 1.780 permohonan palsu yang dikumpulkan para tersangka. Modusnya melalui seminar dan dari para kenalan. Polri Terus Kejar Aset Tersangka Binomo

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id