comscore

Risma Janji Korupsi Bansos Tak Terulang

Candra Yuri Nuralam - 16 November 2021 14:20 WIB
Risma Janji Korupsi Bansos Tak Terulang
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di KPK/Medcom.id/Candra
Jakarta: Menteri Sosial Tri Rismaharini mengikuti program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Risma berjanji kasus korupsi seperti suap pengadaan bantuan sosial (bansos) tidak akan terulang lagi di kementeriannya.

"Kami sudah mencoba melakukan berbagai upaya (pencegahan korupsi) termasuk juga dengan seluruh teman-teman di Kementerian Sosial. Memang agak berat karena ada beberapa yang menurut saya memang harus dibenahi dari dasarnya," kata Risma di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 16 November 2021.

 



Baca: Risma Ajak Masyarakat Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Dia menyebut pihaknya terus menyusun sistem yang bisa menutup celah antikorupsi. Namun, pembuatan sistem butuh waktu penyempurnaan.

"Saya katakan belum sempurna karena masih memang saya harus juga ada beberapa yang nanti training mungkin juga saya akan minta bantuan dengan KPK," ujar Risma.

Risma bakal meminta bantuan KPK membuat sistem antikorupsi yang baik. Lembaga Antikorupsi diharap memberikan wejangan terbaik agar kasus rasuah tidak kembali terulang di Kementerian Sosial.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut sistem antikorupsi terbaik adalah penguatan integritas. Menurut dia, korupsi bakal terus ada jika pejabat di Kementerian Sosial kurang integritas.

"Yang penting sebenarnya adalah integritas itu bicara tentang komitmen, kalau komitmennya mengabdi kepada rakyat, menyelesaikan tanggung jawab yang dibebankan oleh negara kepada kita," tutur Ghufron.

Risma diminta meyakinkan bawahannya terus bekerja sesuai koridor. Risma juga diminta membuat bawahannya menyadari pekerjaannya untuk membantu menyelesaikan masalah sosial rakyat.

"Khususnya yang Kemensos adalah menyelesaikan masalah-masalah sosial, Maka komitmen itu kemudian akan terimplementasi dalam perbaikan perbaikan," tutur Ghufron.

Ghufron mendoakan Risma menjadi pimpinan yang baik di Kementerian Sosial. Korupsi diharap tidak terulang lagi di Kementerian Sosial selama dinahkodai Risma.

"Kita berharap mudah-mudahan Kementerian Sosial semakin hari semakin bagus lagi, mudah-mudahan Kemudian tidak ada masalah lagi di Kementerian Sosial untuk waktu waktu yang akan datang," ucap Ghufron.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id