comscore

Kasus DNA Pro, Rizky Billar dan Lesti Kejora Diperiksa Bareskrim 20 April

Kautsar Widya Prabowo - 15 April 2022 10:49 WIB
Kasus DNA Pro, Rizky Billar dan Lesti Kejora Diperiksa Bareskrim 20 April
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: instagram)
Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah menjadwalkan pemeriksaan pasangan figur publik Rizky Billar (RB) dan Lesti Kejora (LK) pada pekan depan. Ia akan diperiksa terkait kasus investasi bodong robot trading DNA Pro.

"Saudara RB dan saudari LK (diperiksa) pada hari Rabu 20 April 2022," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko, di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 14 April 2022.
Pemeriksaan Rizky dan Lesti mendalami aliran dana DNA Pro. Namun, Gatot tidak menjelaskan secara rinci terkait materi pemeriksaan yang akan didalami.

Pasangan suami istri itu sempat menerima uang sekoper dengan nilai Rp1 miliar dari bos DNA Pro Stevan Richard alias Stefanus Richard. Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Kombes Yuldi Yusman mengungkap alasan Stefanus memberikan uang itu.

"Jawaban tersangka (Stefanus) pemberian uang tersebut hanya sebagai konten,"  kata Yuldi.

Baca: 6 Figur Publik Diperiksa Bareskrim Pekan Depan Soal DNA Pro

Dalam perkara ini, penyidik menetapkan 12 tersangka, yakni inisial YS, RU, RS, RK, FR, AB, ZII, JG, ST, FE, AS dan DV. Sebanyak enam tersangka, yakni RS, R, Y dan Frangky (F), ditangkap pada Kamis, 7 April 2022.

Sedangkan, dua tersangka lainnya, yakni Jerry Gunanda (JG) selaku pendiri (founder) Tim Octopus dan Stefanus Richard (SR) selaku mitra pendiri (co-founder) Tim Octopus, ditangkap pada Jumat, 8 April 2022.

Penyidik telah menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) untuk tersangka yang belum ditangkap. Selain itu, penyidik berkoordinasi dengan Div Hubinter Polri memburu tersangka yang berada di luar negeri.

Para tersangka dijerat Pasal 106 juchto Pasal 24 dan atau Pasal 105 jo Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dan atau Pasal 3, Pasal 5 jo Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id