comscore

KPK Janji Perbaiki Kinerja

Candra Yuri Nuralam - 22 Desember 2021 04:33 WIB
KPK Janji Perbaiki Kinerja
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali FikrI. Foto: Medcom.id/Candra
Jakarta: Kepercayaan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurun berdasarkan survei Charta Politika Indonesia. KPK berjanji akan memperbaiki kinerja.

"Ukuran tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan saran dan perbaikan terhadap fokus kerja KPK ke depannya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 22 Desember 2021.

 



Lembaga Antikorupsi mengapresiasi hasil jajak pendapat yang dibuat Charta Politika Indonesia. Jajak pendapat itu diyakini sebagai ukuran aspirasi masyarakat terhadap kinerja KPK.

Hasil jajak pendapat itu akan dijadikan acuan membenahi instansi. Hasil jajak pendapat itu juga akan dijadikan dorongan memperbaiki kinerja pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Pengukuran persepsi publik juga akan kami jadikan sebagai salah satu baseline untuk terus meningkatkan kinerja pemberantasan korupsi yang manfaatnya bisa betul-betul dirasakan oleh masyarakat luas," tutur Ali.

Baca: Survei: Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Kejagung-Polri

Lembaga Antikorupsi berharap Charta Politika Indonesia memberikan hasil surveinya secara rinci. KPK mau mempelajari semua temuan Charta Politika Indonesia untuk memperbaiki diri.

"Agar pengukuran tersebut lebih memberikan daya dorong terhadap upaya perbaikan suatu institusi, lembaga survei juga dapat menyampaikan secara detil poin-poin rekomendasi atau yang publik harapkan terhadap kinerja suatu institusi yang diukur," ujar Ali.

Kepercayaan publik terhadap KPK ada di posisi keempat berdasarkan jajak pendapat Charta Politika Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menduduki peringkat pertama disusul dengan TNI, lalu Polri diperingkat ketiga.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id