Penangkapan Terduga Teroris Jadi 40 Orang - Medcom

    Penangkapan Terduga Teroris Jadi 40 Orang

    Kautsar Widya Prabowo - 17 Oktober 2019 17:50 WIB
    Penangkapan Terduga Teroris Jadi 40 Orang
    Ilustrasi teroris. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri terus melakukan penangkapan pada terduga teroris di sejumlah wilayah. Tim kembali menangkap empat orang

    Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengungkapkan Densus menangkap tiga orang di Cirebon, Jawa Barat. Mereka berinisial OA, W, dan A. Ketiganya tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon. 

    "(Mereka) sudah merakit bom, mempersiapkan rencana menyerang Mako Polri, tempat ibadah dan anggota Polri yang bertugas," ujar Dedi dalam konferensi pers di Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Densus juga menangkap terduga teroris berinisial A alias gondrong. Dia tergabung dengan JAD Bekasi asuhan Fazri Pahlawan alias Abu Zee. 

    "(Merencanakan) penyerangan berupa pengeboman Mako Polri dan anggota yang bertugas," tutur dia. 

    Densus menyita sejumlah barang bukti dari penangkapan itu yakni senjata tajam, alat komunikasi dan buku. Dengan penangkapan itu, Densus telah menangkap 40 terduga teroris

    Sebelumnya, 36 terduga teroris ditangkap. Penangkapan berdasarkan hasil pendalaman, Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, pelaku penusukan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto.

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan ke-36 terduga teroris itu ditangkap di beberapa wilayah yakni Manado, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Pandeglang, Cirebon, hingga ke Poso. Pengakapan diperkuat dengan ditemukannya barang bukti terkait aksi terorisme.

    "Kita ingin mengetahui apakah ini jaringan teroris atau ada yang mensetting. Alhamdulillah kita dapat melakukan penangkapan terhadap beberapa tersangka, kita dapati barang bukti untuk merakit bom. Nanti kalau sudah lengkap akan kita ekspos," kata Iqbal di kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Terduga teroris yang ditangkap yakni dari Pandeglang, Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, Fitri Andriana, dan Ratu Ayu. Dari Bali, Ahmad Taufikurahman dan Zaki Ali Ibrahim serta Manado, Samsudin alias Jack Sparrow.

    Selanjutnya dari Cengkareng, Jakarta Barat, Taufik Hidayat dan Defi Rusdi. Terduga teroris dari Bandung, Wahyu Budi Nugraha, Nurdin, Adi Alisapari, Muhammad Ali Nurdin, Dendi Permana dan Rizal Faturohman serta Jambi Rohis. Dari Cirebon yakni Yusuf Firdaus, Beni Asri, Rizal Fajri, dan Susanto.

    Berikutnya dari Lampung, Noval, Aul Putra, Tri Haryoni, Yunus, M Riki, dan  Ubaidilah. Dari Poso hanya satu orang bernama Awaludin. Terduga teroris Jawa Tengah yaitu Krisyono, Marifah Hasanah, Abdul Kari, Jaelani, Ahmad Sarwani, Suhada, Amirudin, dan Abdul Aziz. Terakhir dari Hawa Timur dua orang bernama Rizki Kurniawan dan Anisa.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id