BPKP: Pengadaan Alat Kesehatan Covid-19 Masih Tak Standar

    Fachri Audhia Hafiez - 24 Juni 2020 11:48 WIB
    BPKP: Pengadaan Alat Kesehatan Covid-19 Masih Tak Standar
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemui beberapa masalah dalam pengadaan barang dan jasa (PBJ) alat material kesehatan (Almatkes) di sejumlah daerah. Salah satunya almatkes yang tidak sesuai standar penanganan virus korona (covid-19).

    "Pengadaan almatkes kondisinya yang sering terjadi berdasarkan pengawasan monitoring dan review kami, selama ini spesifikasinya tidak sesuai standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," kata Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dalam diskusi interaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan gubernur se-Indonesia melalui konferensi televideo, Rabu, 24 Juni 2020.

    BPKP juga menemukan beberapa almatkes yang belum memperoleh izin edar ketika barang tersebut didapatkan. Harga barang masih fluktuatif, spesifikasi barang yang datang tidak sesuai pesanan, dan pengadaan almatkes masih dikenakan pajak menjadi deretan persoalan dalam PBJ almatkes di daerah.

    Ateh mengatakan pemerintah daerah perlu memastikan PBJ sesuai kebutuhan penanganan covid-19. Hal itu bisa dikonsultasikan dengan BPKP dan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) di masing-masing daerah.

    BPKP memastikan terus memantau dan melakukan pendampingan secara simultan terkait proses PBJ penanganan covid-19. "Bisa dikonsultasikan dengan BPKP perwakilan di tempat Bapak Ibu gubernur masing-masing," ujar Ateh.

    Baca: Kabupaten Karawang Dapat Bantuan Alkes Penanganan Covid-19



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id