KPK Eksekusi Eks Aspidum Kejati DKI

    Candra Yuri Nuralam - 23 Juni 2020 10:36 WIB
    KPK Eksekusi Eks Aspidum Kejati DKI
    Ilustrasi Gedung KPK. Medcom/Fachrie Audhia Hafiez
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengekseskusi eks Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Agus Winoto. Agus merupakan terpidana kasus suap terkait kepengurusan tuntutan perkara yang ditangani Kejati DKI Jakarta.

    "Terpidana dilakukan eksekusi badan dengan cara memasukkannya ke Lapas Klas IIA Cibinong untuk menjalani pidana selama lima tahun dikurangi selama proses penahanan, dan juga kewajiban untuk membayar denda sebesar Rp200 juta subsider tiga bulan kurungan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Juni 2020.

    Pemindahan Agus ke Lapas Klas IIA Cibinong dilakukan dua jaksa eksekusi pada KPK, Leo Sukoto Manalu dan Josep Wisnu Sigit. Eksekusi ini berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta nomor 100/PID.SUS-TPK/2019/PN. Jkt. Pst pada 24 Februari 2020, yang sudah berkekuatan hukum tetap.

    Baca: Eks Aspidum Kejati DKI Didakwa Terima Suap Rp200 Juta

    Agus sebelumnya diyakini terbukti menerima suap Rp200 juta dari pengusaha sekaligus pihak yang berperkara, Sendy Pericho dan pengacaranya, Alfin Suherman. Penerimaan suap dari Sendy dan Alfin itu melalui Kepala Subdirektorat Penuntutan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta saat itu, Yadi Herdianto.

    Suap itu dimaksudkan agar Agus menurunkan rencana tuntutan perkara yang melibatkan pihak Sendy Pericho dan koleganya Hary Suwanda serta Raymond Warung selaku pendiri Chaze Trade Ltd. Agus dianggap melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id