comscore

IM57 Institute Buatan Novel Baswedan Cs Ogah Kolaborasi dengan KPK

Candra Yuri Nuralam - 09 Oktober 2021 07:31 WIB
IM57 Institute Buatan Novel Baswedan Cs Ogah Kolaborasi dengan KPK
Eks penyidik KPK Novel Baswedan/Media Indonesia/Susanto.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka pintu untuk berkolaborasi mencegah tindakan rasuah bersama dengan Indonesia Memanggil (IM) 57 Institute. Organisasi buatan Novel Baswedan cs itu ogah menerima tawaran KPK.

"Memberantas korupsi tidak bisa dilakukan dengan cara memberantas para pegawainya. Karena korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) tidak mungkin bekerjasama dengan pelaku pelanggar HAM," kata juru bicara IM57 Institute M Praswad Nugraha kepada Medcom.id, Sabtu, 9 Oktober 2021.
Praswad mengatakan pihaknya mempunyai jalan sendiri untuk memberantas korupsi di Indonesia. Jalan itu dipastikan tidak akan sejalur dengan KPK.

"Betul (kami punya jalan sendiri). Karena kami sudah resmi diberhentikan dari KPK pada tanggal 30 September 2021," ujar Praswad.

Praswad mengatakan IM57 Institute baru mau berkolaborasi jika KPK menarik kembali pegawai yang dipecat dengan hormat. Jika tidak, jalan pemberantasan korupsi IM57 Institute dengan KPK dipastikan akan terus berbeda.

"Hak konstitusional kami berdasarkan pasal 1 ayat 6 Undang-Undang 19 tahun 2019, kami harus di angkat sebagai aparatur sipil negara (ASN) di KPK," tutur Praswad.

Baca: KPK Tak Keberatan Berkolaborasi dengan IM57 Institute Bikinan Novel Baswedan Cs

Sebelumnya, KPK membuka pintu untuk berkerja sama dengan IM57 Institute. IM57 Institute merupakan wadah yang dibuat pegawai KPK yang dipecat dengan hormat karena gagal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Kalau memang komitmen orientasi kelembagaannya adalah memberantas korupsi tentu KPK akan terbuka untuk melakukan kolaborasi," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Oktober 2021.

Ghufron mengatakan pihaknya terbuka untuk semua kelompok masyarakat yang ingin ikut memberantas korupsi tanpa kecuali. Lembaga Antikorupsi malah senang jika IM57 Institute yang dibuat oleh Novel Baswedan cs itu membantu. Pemberantasan korupsi di Indonesia diyakini bakal makin kuat.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id