Kepala BPPD Kabupaten Labura Segera Diadili

    Candra Yuri Nuralam - 27 Januari 2021 18:07 WIB
    Kepala BPPD Kabupaten Labura Segera Diadili
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan kepada media di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara, yang menjerat Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Kabupaten Labuhan Batu Utara, Agusman Sinaga. Agusman segera berhadapan dengan meja hijau.

    "Jaksa KPK Budhi S melimpahkan berkas perkara terdakwa Agusman Sinaga ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 27 Januari 2021.




    Penahanan Agusman dialihkan menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Tipikor Medan. Namun, dia masih ditahan di Rumah Tahanan kelas I Jakarta Timur cabang KPK.

    Lembaga Antikorupsi tinggal menunggu penetapan jadwal persidangan. Sidang perdana akan dimulai dengan pembacaan dakwaan dari JPU pada KPK.

    "Selanjutnya, menunggu penetapan penunjukan dari Majelis Hakim yang akan memimpin persidangan dan penetapan jadwal persidangan dengan agenda pembacaan surat dakwaan," ujar Ali.

    Baca: Penyidikan Korupsi Bupati Labuhanbatu Utara Dipertajam Lewat 2 Kadis

    Kasus ini merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam RAPBN Perubahan 2018. Kasus ini diawali dengan operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta pada Jumat, 4 Mei 2018.

    KPK menyiapkan dua dakwaan untuk Agusman. Pertama, dia disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP. Kedua, dia disangkakan melanggar Pasal 13 Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id