Firli Mau Film Nasional Jadi Metode Pencegahan Korupsi

    Candra Yuri Nuralam - 30 Maret 2021 17:18 WIB
    Firli Mau Film Nasional Jadi Metode Pencegahan Korupsi
    Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto



    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ingin memanfaatkan film nasional sebagai alat untuk menyebarkan sikap antikorupsi. Pencegahan korupsi melalui film dapat lebih mudah masuk ke masyarakat.

    "Kami memandang film bukan lagi sekadar tontonan yang sarat hiburan semata, melainkan juga sebagai sarana edukasi sekaligus media campaign program-program strategis KPK," kata Firli melalui keterangan tertulis, Selasa, 30 Maret 2021.






    Firli mengatakan rencana itu sejalan dengan visi sineas-sineas di Tanah Air yang memiliki kekhawatiran sama tentang keagresifan dan destruktifnya perilaku korupsi di Indonesia. Menurut dia, korupsi perlu dimusnahkan untuk menjaga keutuhan, upaya kemajuan, dan masa depan bangsa.

    Baca: Penegak Hukum Diminta Menanggalkan Ego Sektoral saat Tangani Rasuah

    Lembaga Antikorupsi juga perlu selangkah lebih maju menanamkan sikap antirasuah di Indonesia. Menurut Firli, sudah seharusnya menyelipkan semboyan-semboyan antikorupsi di dalam film-film nasional. 

    "Sudah tidak terhitung lagi film-film indie bertemakan antikorupsi yang mereka produksi dengan biaya sendiri, telah beredar luas, dan gratis ditonton melalui jejaring media sosial," ujar Firli.

    Dia juga berharap rencana ini didukung para pemangku kepentingan dalam industri perfilman. Dukungan artis papan atas perlu dilakukan demi memaksimalkan efektivitas pencegahan korupsi melalui film.

    Lembaga Antikorupsi itu juga sudah membuat Anti Corruption Film Festival (ACFFest) untuk melakukan program pencegahan tersebut. Festival itu selalu ramai diikuti insan perfilman di Indonesia.

    "Hasil film pendek ini, akan KPK gunakan sepenuhnya untuk keperluan pendidikan, sosialisasi, dan kampanye antikorupsi di berbagai media dan fasilitas publik tanpa batas waktu, sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi agar tak lagi berurat akar di republik ini," tutur Firli.

    Dia ingin para pembuat film nasional mengikuti program ini. Menurut Firli, pencegahan korupsi perlu dibantu semua pihak.

    "Betapa pentingnya bagi kita semua  untuk senantiasa saling mengingatkan tentang nilai-nilai kebaikan, kejujuran, dan kesederhanaan untuk membangun integritas dan karakter antikorupsi yang kuat dalam diri segenap anak bangsa di negeri ini," ucap Firli.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id