comscore

Menerobos Ring 1 Termasuk Pelanggaran

Nur Azizah - 01 Maret 2021 15:38 WIB
Menerobos Ring 1 Termasuk Pelanggaran
Ilustrasi Paspampres. Antara/Wahyu Putro A
Jakarta: Insiden penerobosan oleh konvoi pengendara motor gede (moge) di kawasan ring 1 di Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, masih jadi perbincangan. Beberapa pihak menyayangkan tindakan anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) merespons penerobos.

Asisten Intelijen Paspampres Letkol Inf Wisnu Herlambang mengatakan penerobosan kawasan ring 1 merupakan pelanggaran. Sebab, tindakan pengendara bisa membahayakan. 
"Ada dua jenis bahaya, langsung dan tidak langsung. Penerobosan ini merupakan pelanggaran batas ring 1, yaitu bahaya tidak langsung sehingga harus langsung dilumpuhkan," kata Wisnu kepada media di Jakarta, Senin, 1 Maret 2021.

Baca: Terobos Ring 1, Pengendara Moge Minta Maaf

Wisnu mengatakan tindakan Paspampres bukan tanpa dasar. Semuanya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden, Beserta Keluarganya, Serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara Maupun Kepala Pemerintahan. 

"Disebut dalam PP ini salah satunya pengamanan instalasi. Di PP ini juga disebutkan bahwa panglima TNI memiliki kewenangan menentukan kebijakan secara teknis dalam pengamanan very very important person (VVIP)," ujarnya.

Aturan itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor 1337 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengamanan Instalasi Presiden RI dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden Beserta Keluarga dan Tamu Negara. Wisnu menyampaikan tindakan yang diambil anggota Paspampres sudah benar, terlebih pengendara tidak mau mendengarkan peringatan yang sudah diberikan.

"Sudah dihentikan petugas yang ada di sana karena menerobos namun tidak mau berhenti, sehingga diambil tindakan yang diizinkan dalam aturan, yaitu melumpuhkan dengan tangan kosong," ungkapnya.

Beredar video yang menunjukkan seorang anggota Paspampres tengah menendang pengendara moge yang melintas di Jalan Veteran III. Beragam komentar warganet pun muncul lantaran aksi tersebut.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id