KPK Ingatkan Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Oktober 2020 18:31 WIB
    KPK Ingatkan Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran
    Perajin memproduksi kerajinan rotan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan penyaluran bantuan presiden (banpres) untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus tepat sasaran. Bantuan modal ini diharap bisa diberikan tanpa kesalahan.

    "Kalau ada hal-hal yang sekiranya ada penyimpangan dan kami berharap sekali lagi, tidak ada," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Menurut dia, Kementerian Koperasi dan UMKM harus maksimal mengawasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari Presiden Joko Widodo kepada 15 juta pelaku usaha itu. Akurasi data pihak yang berhak menerima juga mesti diperhatikan.

    Selain itu, persoalan pelaku UMKM yang belum terhubung dengan perbankan atau belum bankable dengan bank umum mesti dibereskan. Masyarakat dinilai lebih banyak menyentuh 'lintah darat'.

    "Kami sarankan supaya program ini diharapkan juga sekaligus memutus atau memotong jalur-jalur bank renten yang banyak di masyarakat," ucap Ghufron.

    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan penyaluran banpres UMKM sejauh ini minim kesalahan. Namun, Teten meminta Lembaga Antikorupsi turut mengawasi program ini dengan memberi masukan.

    Baca: Bank Sumut Kucurkan KUR Rp3,66 Miliar

    "Kami memahami KPK sangat concern terkait program ini agar tepat sasaran. Memang satu rupiah pun anggaran itu kan harus memberikan manfaat sebanyak banyaknya kepada masyarakat," ujar Teten.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id