Dirut PT IOI Ditetapkan Sebagai Tersangka Terkait Investasi Bodong

    Siti Yona Hukmana - 17 November 2020 19:22 WIB
    Dirut PT IOI Ditetapkan Sebagai Tersangka Terkait Investasi Bodong
    Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona
    Jakarta: Direktur Utama (Dirut) PT Indosterling Optima Investasi (IOI), Sean William Henley (SWH), ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menemukan dugaan pidana dalam penjualan
    produk High Yield Promissory Notes (HYPN) di PT IOI.

    "Karena yang bersangkutan telah melakukan kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tanpa izin usaha dari pimpinan otoritas jasa keuangan (OJK)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2020.

    PT IOI menjual produk HYPN ke masyarakat atau nasabah pada 2018-2019. Instrumen ini menawarkan bunga tetap 9-12 persen per tahun.

    Sean diduga gagal bayar atas produk HYPN. PT IOI diduga menjalankan kegiatan penghimpunan dana masyarakat tanpa izin usaha dari Bank Indonesia dan OJK.

    (Baca: Jangan Tertipu! Simak Daftar 154 Investasi Bodong yang Ditutup)

    "Patut diduga tersangka melanggar Pasal 46 jo Pasal 16 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan," ujar Awi.

    Awi mengaku Polri telah menangani kasus ini sejak lama. Penyidik Bareskrim Polri juga telah merampungkan berkas perkara. Pelimpahan berkas tahap I ke jaksa penuntut umum (JPU) bakal dilaksanakan dalam waktu dekat.

    "Di samping itu, dalam proses penyidikan terkait perbankan, penyidik akan melakukan tracing (pelacakan) aset untuk mencari aset-aset yang dimiliki tersangka SWH yang didapatkan atau dibeli menggunakna uang dari PT IOI," ungkap jenderal bintang satu itu.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id