Indonesia Takkan Ajukan Calon di Pemilihan Presiden Interpol

    Meilikhah - 08 November 2016 22:40 WIB
    Indonesia Takkan Ajukan Calon di Pemilihan Presiden Interpol
    Sidang Umum Interpol di Bali (Foto: MTVN/Meilikhah)
    medcom.id, Nusa Dua: Mireille Balleztrazzi akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden Interpol. Sidang Umum Interpol ke-85 pun sekaligus akan memilih pengganti wanita asal Prancis itu.

    Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri Brigjen Johanis Asadoma memastikan Indonesia tak akan mengajukan calon untuk menduduki jabatan sebagai Presiden Interpol.

    "Kita tidak mengajukan calon presiden Interpol, tapi yang sedang menjadi wacana adalah bagaimana kita bisa menjadi Anggota Eksekutif Komite Interpol," kata Johanis, di BNDCC, Bali, Selasa (8/11/2016).

    Johanis mengatakan ada 11 anggota eksekutif komite Interpol, selain Presiden dan Sekjen Interpol. Wacana pengajuan calon Anggota Eksekutif Komite Interpol pun tak hanya terbuka untuk anggota Polri saja, bisa juga dari lembaga penegak hukum lain.

    "Apakah dari Kejaksaan, apakah dari KPK, PPATK dan sebagainya. Hanya untuk Presiden kita belum mencalonkan saat ini," kata Johanis.

    Dia menambahkan, informasi yang berkembang, negara yang sudah mengajukan diri menjadi calon Presiden Interpol berasal dari Tiongkok. Pencalonan dari Tiongkok behembus kencang ketimbang dari negara lain yang sama sekali belum terlihat geliatnya.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id