MKD Larang Arteria Dahlan Penuhi Panggilan Polres Bandara Soetta

    Anggi Tondi Martaon - 24 November 2021 15:51 WIB
    MKD Larang Arteria Dahlan Penuhi Panggilan Polres Bandara Soetta
    Anggota DPR Arteria Dahlan (kiri) dan Wakil Ketua MKD Habiburokhman (kanan). Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon



    Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) melarang anggota DPR Arteria Dahlan memenuhi panggilan Polres Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Pemanggilan itu buntut keributan antara Arteria dan seorang perempuan di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu, 21 November 2021.

    "Tadi ada rapat pimpinan MKD, saya diminta untuk menjelaskan ke teman-teman bahwa kami atas nama UU (undang-undang) tidak bisa mengizinkan beliau ke sana (Polres Bandara Soetta)," kata Wakil Ketua MKD Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 24 November 2021.

     



    Anggota Komisi III DPR itu menyebutkan pelarangan ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Pasal 245 UU MD3 menyebutkan pemanggilan anggota DPR harus seizin presiden. 

    Baca: Wanita Ngaku Anak Jenderal Sial Berhadapan dengan Anggota PDIP, Refly: Coba dari PKS

    Dia menegaskan keputusan tersebut bukan untuk melindungi Arteria Dahlan. Hal ini, kata dia, menjadi bentuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. 

    "Kita bukan soal melanggar equality before the law, tetapi justru (aturan) UU-nya di situ. Artinya, tindakan yang tidak tepat akan meruwetkan masalah," ujar dia.

    Arteria Dahlan manut dengan larangan dari MKD. Dia meminta MKD mencarikan jalan keluar terkait proses hukum yang dihadapinya di Polres Bandara Soekarno Hatta agar tidak disalahartikan masyarakat. 

    "Nanti diplesetkan lagi di publik, saya (disebut) tidak mau memberikan keterangan. Saya hanya menyarankan itu," kata Arteria.

    Dia juga menilai kepolisian bisa memanggil pihak lain. Salah satunya saksi mata saat Arteria Dahlan ribut dengan perempuan yang mengaku sebagai anak jenderal bintang tiga TNI. 

    "Tanpa saya hadir pun masih bisa saksi lain dipanggil terlebih dahulu," ujar Arteria.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id