Nunung Dituntut 1,6 Tahun Bui

    Jufriansyah - 13 November 2019 20:26 WIB
    Nunung Dituntut 1,6 Tahun Bui
    Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung, dan suaminya, July Jan Sambirang saat menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: Jufriansyah/Medcom.id
    Jakarta: Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung, dan suaminya, July Jan Sambirang dituntut satu tahun enam bulan penjara. Keduanya dinilai terbukti menyalahgunakan narkoba.

    "Menjatuhkan pidana penjara pada masing-masing selama satu tahun enam bulan dipotong tahanan dengan ketentuan para terdakwa perlu menjalani pidana di RSKO Cibubur Jakarta Timur," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Bobby di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 13 November 2019.

    Jaksa mengatakan Nunung dan July terbukti mengonsumsi narkotika golongan I. Hukuman kepada Nunung dan July diatur dalam Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

    Ada beberapa pertimbangan yang memberatkan dan meringankan hukuman untuk Nunung dan July. Hal memberatkan yakni, Nunung dan July tidak mendukung program pemerintah dalam melaksanakan pembetantasan narkotika. Sedangkan, hal meringankan yakni Nunung dan July tak berbelit saat memberikan keterangan dan menyesali perbuatannya.

    Majelis Hakim pun memberikan kesempatan kepada Nunung dan July untuk menyampaikan nota pembelaan atau pleidoi. Sidang pembacaan pleidoi akan digelar pada 20 November 2019.

    Nunung dan July sebelumnya didakwa dengan tiga pasal alternatif oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, yakni Pasal 112, 114, dan 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 terkait Narkotika. Dari tiga dakwaan itu, ancaman hukuman maksimal mencapai 20 tahun penjara. 

    "Kami mendakwakan tiga ketentuan peraturan pertama menjual atau membeli narkoba (pasal) 114 atau memiliki menguasai narkoba, (Pasal) 112 Undang Undang Narkotika atau yang bersangkutan adalah pengguna narkoba sebagaimana kami buktikan pasal 127. Sidang ke depan berkisar antara tiga itu manakah yang paling tepat," terang tim Jaksa Penuntut Umum usai pembacaan dakwaan di PN Jaksel, Rabu, 2 Oktober 2019.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id