Uji Materi Dapat Membedah Pasal dalam UU KPK

    Achmad Zulfikar Fazli - 19 Oktober 2019 01:44 WIB
    Uji Materi Dapat Membedah Pasal dalam UU KPK
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Uji materi atau judicial review terhadap Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai jalan terbaik. Mahkamah dapat membedah seluruh pasal pada UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK itu.

    "Jadi kalau ada revisi UU KPK itu menurut saya cukup baik untuk beberapa bagian. Jadi tidak semuanya diubah ya. Misal lembaga KPK harus diawasi juga dalam menangani kasus korupsi, ya bagus cuma standarnya apa harus jelas juga," kata pengamat hukum dari Universitas Abdurrab Riau, Samariadi, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019. 

    Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Syaprul, mengatakan para mahasiswa sudah melakukan diskusi dan kajian terkait masalah UU KPK. Hasil diskusi tersebut, lanjut dia, melayangkan uji materi adalah cara terbaik untuk mengembalikan muruah KPK.  

    "Kampus adalah kaum intelektual yang terus menerus berpikir kritis terhadap situasi yang sering dibicarakan di negara kita. Maka, penting bagi mahasiswa untuk ikut serta terlibat dalam keributan KPK," ujar Syaprul.

    Direktorat Pengundangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mencatatkan UU KPK hasil revisi ke lembaran negara. UU tersebut tercatat dengan nomor 19 tahun 2019.




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id