Asimilasi Napi Menghemat Rp341 Miliar Anggaran Negara

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Mei 2020 14:01 WIB
    Asimilasi Napi Menghemat Rp341 Miliar Anggaran Negara
    Ilustrasi/Antara/Rahmad
    Jakarta: Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Yunaedi, membeberkan keuntungan program asimilasi serta integrasi narapidana saat pandemi korona (covid-19). Salah satunya menghemat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    "Bisa menghasilkan penghematan anggaran sekitar Rp341 miliar di tahun 2020," kata Yunaedi dalam diskusi virtual Opini 'Obrolan Peneliti' bertajuk 'Pandemi Covid-19 dan Asimilasi Narapidana', Rabu, 6 Mei 2020.

    Baca: 38.822 Napi Dibebaskan Imbas Covid-19
     
    Hitungan Yunaedi didasari 39.159 narapidana yang telah dipulangkan. Menurut dia, jumlah tersebut dikalikan dengan kebutuhan para narapidana hingga akhir tahun.

    "Mulai April hingga Desember sekitar 270 hari, dikalikan biaya Rp32.159 per orang setiap harinya. Karena ada biaya makan kesehatan dan lain-lain," ujar Yunaedi.

    Yunaedi menyebut anggaran tak terpakai itu akan dialokasikan membangun beberapa lembaga pemasyarakatan (lapas). Misalnya lapas medium security di Nusakambangan, Jawa Tengah. Kemudian pembangunan blok hunian di Lapas Klas IIA Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

    Selain itu, pembangunan blok hunian Rumah Tahanan Negara kelas I Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara. Termasuk ehabilitasi Rumah Tahanan Negara IIB Kabanjahe, Sumatera Utara dan pembangunan Lapas Kotabaru, Kalimantan Selatan.

    Selain itu, anggaran juga akan dialihkan untuk membantu penanganan virus korona. "Tentunya dengan adanya penghematan ini akan dimanfaatkan untuk penanggulangan terhadap covid-19," ucap Yunaedi.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id