Pansel Ingin Capim KPK Fit Secara Psikologis

    Damar Iradat - 22 Juli 2019 20:11 WIB
    Pansel Ingin Capim KPK Fit Secara Psikologis
    Anggota Pansel Capim KPK Hamdi Muluk. MI/Barry Fathahilah.
    Jakarta: Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) bakal menggelar tes psikologi terhadap 104 kandidat capim KPK. Pansel ingin melihat kecerdasan dan analisis pimpinan KPK terpilih.

    "Selain itu, tes juga untuk mengetahui kemampuan antisipasi masalah, ketenangan dan stabilitas emosi, orang yang tidak ada kemungkinan kena gangguan psikologi, adaptif," kata anggota Pansel Capim KPK Hamdi Moeloek di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019. 

    Hamdi mengatakan tes psikologi akan diselenggarakan pada Minggu, 28 Juli 2019. Tes dilakukan untuk memastikan para kandidat tak memiliki masalah psikologis. Sehingga, capim KPK terpilih merupakan sosok kompeten dan dinyatakan fit secara psikologis.

    Baca: Pansel Jamin Penilaian Uji Kompetensi Capim KPK Objektif

    "Anda bayangkan kalau psikologi memiliki gangguan psikologi. Dalam psikologi juga ada tes integritas. Kita cari lagi kita pastikan tidak ada yang bermasalah. Kita cari orang yang paling bagus," ujarnya. 

    Setelah tes psikologi, pansel akan melakukan uji publik. Pansel juga akan memilah masukan dari masyarakat tentang para kandidat. Masukan dari masyarakat ini, kata dia, akan menjadi pertimbangan dalam pendalaman wawancara. 

    "Seluruh aspek dikumpulkan jadi satu. Kita memiliki orang kompeten, fit secara psikologi, kita ada track record, dan laporan masyarakat kita olah," tegasnya.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id