Sebar Hoaks Megawati Koma, YouTuber Hersubeno Dilaporkan

    Siti Yona Hukmana - 15 September 2021 18:16 WIB
    Sebar Hoaks Megawati Koma, <i>YouTuber</i> Hersubeno Dilaporkan
    Ketua DPD PDIP Jakarta Ronny Talapessy di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 15 September 2021. Foto: Medcom/Yona



    Jakarta: YouTuber Hersubeno Arief dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Dia dilaporkan atas dugaan fitnah dan menyebarkan berita bohong atau hoaks terkait Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

    "Ramai kabar hoaks Ibu Megawati Soekarnoputri mengalami sakit atau koma, maka hari ini kami resmi melaporkan agar kepolisian bisa melaksanakan dan bekerja secara profesional," kata Wakil Ketua DPD PDIP Jakarta Ronny Talapessy di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 15 September 2021. 

     



    Ronny telah menyerahkan sejumlah barang bukti ke polisi. Barang bukti berupa transkrip pernyataan Hersubeno yang mengaku mendapatkan informasi dari seorang dokter.

    Hersubeno mengatakan informasi itu 1.000 persen valid. Megawati Soekarnoputri koma di ICU Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta.

    "Buat kami ini sangat berbahaya, bisa menimbulkan hal-hal tidak baik, makanya kita laporkan ke sini. Ini kan sesuai jalur hukum," ungkap Ronny.

    Dia juga menyertakan rekaman video dari YouTube yang dimasukkan ke dalam flasdisk. Ronny mengaku menyiapkan saksi untuk memperkuat laporannya terhadap Hersubeno yang disebut-sebut jurnalis Forum News Network (FNN).

    Baca: Polisi Teliti Laporan Henry Soal Hoaks Megawati Wafat

    Tim Bantuan Hukum dan Advokat Rakyat DPD PDIP DKI Jakarta Muhammad Herdiyan Saksono Zoulba menyayangkan pernyataan Hersubeno di akun YouTube-nya. Dia berharap Polda Metro Jaya menindaklanjuti laporan ini. 

    "Dan menertibkan apa yang sudah menjadi kegundahan masyarakat, sehingga hukum tegak di republik ini," ujar Herdiyan. 

    Laporan terhadap Hersubeno teregistrasi dengan nomor: LP/B/4565/IX/2021/SPKT/Polda Metro Jaya. Hersubeno dipersangkakan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id