Buru KKB Papua, Gunung dan Hutan Belantara jadi Tantangan TNI-Polri

    Adri Prima - 30 April 2021 05:27 WIB
    Buru KKB Papua, Gunung dan Hutan Belantara jadi Tantangan TNI-Polri
    Ilustrasi pasukan antiteroris. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kini sudah diberi label teroris atas tindakan kejamnya kepada aparat dan warga sipil. 

    Karena itu, TNI dan Polri bakal menyusun strategi operasi merespons instruksi untuk menindak tegas KKB di Papua.






    Indonesia Police Watch (IPW) memberi apresiasi sikap tegas Kapolri Listyo Sigit yang memerintahkan Satgas Operasi Nemangkawi untuk terus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

    "Bagaimana pun negara tidak boleh kalah dengan KKB. Untuk itu IPW berharap personil Satgas Nemangkawi agar tidak gentar melakukan pengejaran terhadap KKB," ujar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan tertulis Kamis 29 April 2021. 

    Lebih lanjut, memburu KKB tidak semudah yang dibayangkan karena medan di Papua yang cukup berat. Sehingga sangat diperlukan kekuatan mental dan strategi jitu.

    "Papua memiliki dua Medan yang berbeda, yakni gunung dan hutan belantara, yang untuk menghadapinya perlu mental yang kuat dan strategi yang jitu. Jika tidak personil TNI Polri akan menjadi bulan-bulanan KKB," lanjutnya. 

    Tindakan KKB di Papua belakangan ini disebut sebagai aksi terorisme. Aksi kelompok tersebut memenuhi definisi teroris berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.
     
    “Apa yang dilakukan oleh KKB dan segala nama organisasi dan orang-orang yang berafiliasi. adalah tindakan teroris,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam konferensi pers virtual dari Jakarta, Kamis, 29 April 2021.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id