comscore

Tuntutan Kasus Unlawful Killing Sesuai Fakta Persidangan

Tri Subarkah - 22 Februari 2022 19:41 WIB
Tuntutan Kasus <i>Unlawful Killing</i> Sesuai Fakta Persidangan
Sidang unlawful killing. Foto: Medcom.id/Aria Triyudha
Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan tuntutan terhadap dua polisi terdakwa kasus unlawful killing eks anggota Front Pembela Islam (FPI) sesuai fakta persidangan. Dua terdakwa dituntut enam tahun bui.

"Tuntutan jaksa sudah berdasarkan fakta hukum di persidangan, dan kita tunggu putusan pengadilan," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kejagung) Leonard Eben Ezer Simanjuntak  saat dikonfirmasi melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Februari 2022.
Dua anggota polisi yang diseret ke meja hijau dalam perkara unlawful killing adalah Ipda M Yusmin Ohorella dan Briptu Fikri Ramadhan. Jaksa menuntut keduanya dihukum pidana penjara selama 6 tahun.

Baca: Polisi Pelaku Unlawful Killing Dituntut 6 Tahun Bui

Jaksa menilai keduanya terbukti melanggar Pasal 338 KUHP subsider Pasal 351 Ayat (3) KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Keadaan yang memberatkan tuntutan Yusmin adalah karena ia telah melakukan pengintilan. Sementara keadaan meringankannya, telah menjadi polisi selama 20 tahun dan tidak pernah melakukan perbuatan tercela.

Adapun keadaan meringankan dalam tuntutan Fikri karena telah bertugas sebagai polisi selama 12 tahun dan tidak pernah melakukan perbuatan tercel selama berdinas. Namun, jaksa menilai Fikri tidak memperhatikan asas legalitas, nesesitas, dan proporsionalitas dalam menggunakan senjata api saat mengawal korban. Hal itu dijikan jaksa sebagai keadaan yang memberatkan.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id