Posko Presisi Tegaskan Program Utama Kapolri

    Anggi Tondi Martaon - 07 April 2021 21:53 WIB
    Posko Presisi Tegaskan Program Utama Kapolri
    abareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (tengah). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.



    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk Posko Presisi. Posko itu berfungsi memantau dan mengukur kinerja jajaran Korps Bhayangkara di seluruh tingkatan.

    "Dalam menjalankan program transformasi Polri, yakni Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi)," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 April 2021.






    Dia menegaskan program ini menekankan pentingnya kemampuan pendekatan prediktif. Personel harus mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

    "Melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data, dan metode yang tepat, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan sedini mungkin,” ungkap Listyo.

    Pendekatan responsibilitas dan transparansi berkeadilan ditekankan juga dalam asas prediktif. Agar, setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, dan berkeadilan.

    Listyo menjelaskan Posko Presisi bakal dikepalai seorang perwira tinggi. Kemudian, penanggung jawab tersebut bakal menunjuk Kepala Posko Presisi di tingkat polda hingga polsek. 

    "Penanggung jawab ini juga bertugas membuat indikator keberhasilan dengan persentase per 30 hari, 60 hari, dan 100 hari," sebut Listyo.

    Di sisi lain, dia juga membeberkan pelayanan publik Posko Presisi. Masyarakat bisa melaporkan kinerja polisi melalui aplikasi Posko Presisi.

    Laporan, kata Listyo, akan diverifikasi secara berjenjang. Semua aduan bakal diberiksa dan dinilai melalui lima skala, yakni kurang, cukup, baik, baik sekali, dan istimewa. 

    Pihak eksternal Polri juga akan dilibatkan dalam penilaian indikator. Tim eksternal akan dipimpin seorang profesor.

    "Tim eksternal akan menilai kualitas indikator hingga kualitas laporan yang disampaikan penanggung jawab kegiatan,” ujar dia 

    Posko Presisi ini berlokasi di lantai 3 Gedung Bareskim Mabes Polri, Jakarta Selatan. Ruangan yang semula kosong ini disulap modern layaknya command center, lengkap dengan sarana dan prasarana pendukung yang dibutuhkan. Posko ini sudah terbentuk dan mulai beroperasi di hari ke-33 Sigit menjabat sebagai Kapolri.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id