Eks Komandan Tim Mawar Ngotot Perkarakan Majalah Tempo

    Kautsar Widya Prabowo - 22 Juli 2019 15:51 WIB
    Eks Komandan Tim Mawar Ngotot Perkarakan Majalah Tempo
    Mantan Komandan Tim Mawar Mayjen (Purn) Chairawan K Nusyiwan - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
    Jakarta: Mantan Komandan Tim Mawar Mayjen (Purn) Chairawan K. Nusyiwan kembali melaporkan majalah Tempo ke Bareskrim Polri. Chairawan tak puas dengan permintaan maaf dan hak jawab yang dilakukan majalah Tempo. 

    "Sudah dimuat hak jawab, sudah ada permintaan maaf, tapi kan itu perdata bukan pidana," ujar Chairawan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 22 Juli 2019. 

    Chairawan menilai punya celah lewat memorandum of understanding (MoU) antara Kapolri dan Dewan Pers untuk memidanakan majalah Tempo. Namun, dia tak memerinci MoU yang dimaksud. 

    "Selama ini saya tidak baca itu, akhirnya cuma sekitar masalah kode etik saja, tapi sekarang sudah bisa ke pidananya," tutur dia. 

    (Baca juga: Dewan Pers Independen Selesaikan Polemik Majalah Tempo)

    Ini kali ketiga Chairawan mengadukan majalah Tempo ke Bareskrim Polri. Sebelumnya, laporan selalu dikembalikan karena belum cukup bukti. Dia berharap kali ini polisi menerima laporannya. 

    Majalah Tempo edisi 10 Juni 2019 memuat berita terkait kerusuhan 21-22 Mei. Di dalam tulisannya disebutkan adanya keterlibatan Tim Mawar saat aksi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu. Tim Mawar juga pernah terlibat dalam aksi penculikan aktivis pada 1998.
     
    Nama salah satu eks anggota Tim Mawar, Fauka Noor Farid, ada dalam pemberitaan Tim Mawar dan Rusuh Sarinah. Dia merupakan anak buah Prabowo Subianto.
     
    Dia melakukan beberapa pertemuan untuk membahas rencana aksi demo berujung ricuh. Pertemuan dilakukan di Kantor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kertanegara, Jakarta Pusat dan di Hotel dekat Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

    Masalah ini sudah dilaporkan ke Dewan Pers. Dalam putusannya, Dewan Pers meminta majalah Tempo meminta maaf dan memberikan hak jawab pada Chairawan.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id