Setya Novanto Diam-diam Kembali ke Sukamiskin

    M Rodhi Aulia, Wanda Indana - 16 Juli 2019 14:42 WIB
    Setya Novanto Diam-diam Kembali ke Sukamiskin
    Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.
    Bandung: Putu Supadma Rudana mengambil sebuah sedotan. Dia menancapkan sedotan itu ke sebuah susu kotak ukuran sedang yang ada di atas meja.
     
    Putu yang merupakan mantan Politikus Partai Demokrat itu, tidak meminum susu kotak itu. Dia memberikan susu itu kepada rekannya yang duduk di samping kiri.
     
    Pria itu tampak sangat rapi. Berkemeja kinclong nuansa silver. Bercelana gelap dan menggunakan sendal berhak ukuran sedang.
     
    Pria itu sesekali menyedot susu itu dalam-dalam. Sembari mengobrol dengan Putu, ia juga melahap kue kering dari sebuah kotak kecil bernuansa merah.
     
    Seseorang sempat bersalaman dengan  pria itu. Ia tak menyodorkan tangan kanan.
     
    "Maaf saya tangan kiri, habis donor darah," kata pria yang diketahui Mantan Ketua DPR, Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa 16 Juli 2019.
     
    Kami melihat langsung obrolan Novanto dengan rekannya sesama mantan Anggota DPR. Wajah Novanto tampak segar bugar.
     
    Di sela-sela itu, datang dari arah lokasi donor darah di sisi kanan saat memasuki Lapas, tampak M Nazaruddin. Ia adalah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat yang juga warga binaan.
     
    Tidak lama dari arah yang sama, muncul Luthfi Hasan Ishaaq. Mantan Presiden PKS. Novanto yang sedari awal duduk, tiba-tiba beranjak mendekati Luthfi.
     
    Mereka berdua salaman. Luthfi tampak kaget dengan penampilan Novanto dan juga Nazaruddin. Mereka berdua berjanggut dan berjambang panjang.
     
    "Penghuni timur (blok di Lapas Sukamiskin) panjang. Sementara saya penghuni Barat pendek," seloroh Luthfi sembari memegang janggutnya yang pendek.
     
    Obrolan mantan petinggi partai politik itu tak berlangsung lama. Pasalnya Novanto dan Nazaruddin tampak berdua menuju lorong blok timur.
     
    Informasi dari sumber kami, Novanto, mantan Ketum Partai Golkar itu tampak di Lapas pada Minggu malam. Ia tak tahu persis kapan Novanto kembali ke Sukamiskin.

    Baca: Jejak Nakal Setya Novanto Sejak Dibui

    Padahal sebelumnya Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, karena kedapatan plesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Jawa Barat. Sumber kami memprediksi Novanto kembali pada Minggu sore, 14 Juli 2019.
     
    Novanto, kata sumber, sempat menceritakan pengalamannya "yang menderita" saat ditahan di Gunung Sindur. Ia mendapatkan hukuman membersihkan masjid dan mendapatkan sikat gigi tanpa gagang.
     
    "Sikat giginya dipatahkan. Tapi saya tidak percaya omonga dia," ujar sumber kepada Medcom Files.
     
    Pantauan kami di lokasi, saung-saung yang ada di Lapas Sukamiskin sudah tidak ada lagi. Biasanya saung itu dijadikan tempat warga binaan menerima kunjungan dari keluarga maupun tamu lainnya.
     
    Saat ini, Lapas Sukamiskin menyediakan ruangan khusus untuk menerima tamu. Di ruangan itu penuh dengan meja kursi bak di rumah makan.
     
    Selasa itu, banyak sekali kerabat warga binaan yang datang. Dari yang sekedar berbincang santai bahkan ada yang melepas kangen dengan sesekali mencuri waktu untuk berpelukan di depan umum.
     
    "Hari ini sepi kok. Biasanya lebih ramai dari yang ini," tandas sumber.



    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id